Technologue.id, Jakarta – Startup percetakan online, Gogoprint, berhasil mengumpulkan US$ 7,7 juta (atau sekitar Rp116 miliar) dari investor institusi dan swasta. Pendanaan Seri A ini dipimpin oleh OPG (Online Printing Group), investor dan mitra di balik kesuksesan Printi.com.br di Brasil. Rangkaian pembiayaan ini akan semakin mempercepat roadmap pengembangan produk Gogoprint dan ekspansi regional ke target pasar baru diantaranya Australia di semester kedua 2018, diikuti oleh Selandia Baru dan Korea Selatan dalam 12 bulan ke depan.
Baca juga:
Serukan Toleransi, Go-Jek Dukung LGBT?
Gogoprint bekerja sama dengan lebih dari 45.000 usaha kecil dan menengah (UKM) dan perusahaan rintisan di seluruh Asia Pasifik, memproduksi perlengkapan tulis untuk aktivitas bisnis dan materi promosi seperti kartu nama, flyer, brosur, pena dan flash drive. Startup yang bermukim di Singapura ini melihat adanya permintaan yang luar biasa dari usaha kecil dan menengah di seluruh Asia-Pasifik. “Kami senang mendapat dukungan berkesinambungan dari semua investor yang berbagi visi yang sama dengan kami, yaitu membangun bisnis percetakan online terkemuka di Asia-Pasifik. Selain itu, dukungan mereka memungkinkan kami untuk mempercepat ekspansi global dan pengembangan produk kami di tengah periode pertumbuhan bisnis kami yang luar biasa,” kata David Berghaeuser, Co-Founder dan Managing Director Gogoprint.Baca juga:
Tagar #UninstallGrab Ramai, Netizen “Perang” dengan Grab
Kai Hagenbuch, Direktur di OPG, memberikan pendapat yang senada dengan David tentang bagaimana pengalaman ekspansi Gogoprint di setiap pasar di kawasan Asia Tenggara menjadi hal yang vital dalam strategi ekspansi secara luas di APAC. "Ada sejumlah besar perusahaan percetakan online yang beroperasi di wilayah tersebut. Namun, masing-masing hanya beroperasi di tingkat lokal sehingga mereka tidak dapat benar-benar berkembang secara regional ke Asia Tenggara karena terkendala faktor model operasional dan pasar," ujarnya.Baca juga:
Ia mengklaim, Gogoprint telah menemukan formula yang tepat untuk memenangkan lebih banyak pelanggan dengan menciptakan nilai nyata, yaitu menyediakan jasa lebih baik dalam harga yang lebih terjangkau dan dengan penetrasi pasar yang cepat. "Keunggulan yang menarik ini menawarkan kesempatan bagi Gogoprint untuk menjadi game changer. Kami berkomitmen untuk mendukung strategi pertumbuhan Gogoprint karena Gogoprint terus memberikan solusi inovatif bagi pasar sekaligus mengeksekusi visi jangka panjang mereka," tambah Kai. Sejak diluncurkan pada tahun 2015, Gogoprint telah mengalami pertumbuhan eksponensial di seluruh pasar, termasuk Thailand, Malaysia, Singapura dan Indonesia, dengan jumlah staf sebanyak 125 orang dan berencana untuk menambah 30 orang lagi dalam tim mereka.