Technologue.id, Jakarta - Masa pandemi selama tahun 2020 ini memberi berbagai dampak perubahan besar dalam kehidupan manusia. Interaksi sosial secara langsung yang tadinya menjadi hal spesial, saat ini kebiasaan itu memaksa kita harus berubah demi mewujudkan keamanan bersama. Dengan memanfaatkan perjumpaan secara daring, saat ini kita telah memberi pengaruh terhadap meningkatnya kebutuhan akses internet. Semua kegiatan seperti bekerja, sekolah dan berkomunikasi dilakukan dari jarak jauh.
Di Indonesia sendiri, berdasarkan riset platform manajemen media sosial HootSuite dan agensi marketing sosial We Are Social bertajuk "Global Digital Reports 2020", hampir 64% penduduk Indonesia saat ini sudah terkoneksi dengan jaringan internet. Data ini juga diimbangi dengan hasil survei yang dilakukan Alvara Research Center menunjukkan, pengeluaran belanja masyarakat atas kebutuhan internet pada 2020 ini mencapai 8,1 persen, naik dari tahun lalu sebesar 6,1 persen. Dengan tingginya kebutuhan tersebut tentu harus dibarengi dengan hadirnya layanan jaringan internet yang memadai dan dengan penawaran harga yang terjangkau agar dapat memenuhi kuota dari kebutuhan masyarakat dengan kondisi perekonomian saat pandemi ini.
Melihat kondisi ini, by.U sebagai provider digital pertama di Indonesia hadir memberi solusi lewat program Promo Cuan Tiap Hari selama 1 bulan sejak diluncurkan pada 7 November 2020. Kondisi pandemi ini menjadi momentum era baru digital telco di Indonesia. by.U berusaha memenuhi kebutuhan internet pelanggan dengan jaringan internet terbaik 4G LTE by Telkomsel dengan harga yang terjangkau. Program ini untuk membantu generasi Z dan milenial untuk tetap dapat mengakses informasi dengan optimal di era pandemi ini. Secara konsisten by.U menghadirkan inovasi fitur layanan yang disesuaikan dengan kebutuhan gaya hidup digital pelanggannya, terutama segmen anak muda.
Oleh karena itu, by.U menyadari meningkatnya kebutuhan internet selama PSBB (Pembatasan sosial berskala Besar), by.U menghadirkan promo Cuan Tiap Hari dengan ragam penawaran yang bergantian setiap harinya yang informasinya dapat di cek melalui instagram by.U, @byu.id. Pelanggan lama ataupun pelanggan baru dapat menikmati promo ini lewat aplikasi by.U. by.U juga selalu berupaya mendengarkan kebutuhan para pelanggannya, khususnya generasi Z dalam mengakses internet.
Riko Ringgoanto (Growth Lead by.U) menjelaskan, "Based on data analytic pengguna, kita menemukan ada 2 tipe pelanggan. Ada yang lebih senang beli paket internet berbasis kuota & ada juga yang membeli paket berbasis kecepatan internet. Oleh karena itu kita hadirkan 2 tipe paket internet ini agar bisa memenuhi kebutuhan seluruh pengguna by.U."
Saat ini kita bisa melihat dan merasakan sendiri apa yang dicari masyarakat adalah fasilitas internet yang cepat dengan harga yang terjangkau. Jika sebelumnya sudah menjadi kebiasaan bagi kita pergi ke coffee shop/cafe yang menyediakan fasilitas internet wi-fi gratis untuk bekerja dan belajar, maka sejak pandemi hal tersebut sudah tidak memungkinkan lagi untuk dilakukan. Oleh karena itu, by.U hadir mengisi kebutuhan Gen Z dengan menyediakan kecepatan internet yang berkualitas dengan berbagai penawaran paket harga yang sangat ramah kantong. Sehingga para pelanggan tidak perlu pusing memilih lagi karena by.U dapat menyesuaikan kebutuhan dan budget yang mereka miliki.
Reinhard Giofan Pardede (Digital Marketing Strategist by.U) mengatakan, "Pelanggan tentunya sangat diuntungkan lewat program ini dan hal tersebut sejalan dengan harapan dari by.U yang ingin memberikan akses internet yang berkualitas namun juga lebih hemat. Sehingga walau dari rumah saja, pelanggan bisa tetap bisa menikmati hari-harinya dan tetap produktif untuk belajar, bekerja, dan berkomunikasi."
Sejak pandemi by.U mencatat jumlah pengguna internet naik 3x lipat. Hal ini juga diikuti dengan kenaikan yang sama yaitu 300% untuk jumlah pengguna by.U. Dari data ini saja menjadi bukti jelas bahwa anak muda terutama Gen Z semakin lekat dengan digital dalam kesehariannya. Generasi ini selalu melakukan semua aktivitas secara online baik itu untuk belajar, bekerja hingga berkegiatan seperti gaming, menggunakan sosial media, dan lainnya.
Dengan dominasi pelanggan dari segmen Gen Z, by.U selalu mengakomodasi layanan berbasis aplikasi digitalnya dengan menyediakan pengalaman digital end-to-end untuk seluruh kebutuhan telekomunikasi Gen Z yang merupakan digital native. Mereka diberikan kebebasan memilih paket kuota yang dapat dikustomisasi secara lebih personal sesuai kebutuhan sehingga serasa memegang kendali sepenuhnya.