Technologue.id, Jakarta - Untuk meningkatkan keamanan ketika browsing internet, Google menghadirkan fitur centang biru untuk situs web. Fitur verifikasi itu memastikan pengguna aman dan terhindar dari potensi bahaya, termasuk upaya penipuan.
Seorang staf dari The Verge adalah salah satu pengguna yang melihat tanda centang biru muncul pada tautan ke situs resmi Microsoft, Meta, Epic Games, Apple, Amazon, dan HP, dikutip dari Mashable.
Dengan mengarahkan kursor ke tanda centang, sebuah pesan akan muncul, yang mengatakan "Ikon ini ditampilkan karena sinyal Google menunjukkan bahwa bisnis ini adalah bisnis yang disebutkan."
Baca Juga:
Huawei Luncurkan Trio Smartwatch Terbaru di Indonesia, Intip Harganya
Juru bicara Google mengonfirmasi percobaan tersebut, dan mengatakan kepada Mashable, "Kami secara rutin bereksperimen dengan fitur-fitur yang membantu pembeli mengidentifikasi bisnis tepercaya secara daring, dan saat ini kami tengah menjalankan eksperimen kecil yang menampilkan tanda centang di samping bisnis-bisnis tertentu di Google".
Belum diketahui apakah fitur ini akan diperluas, misalnya untuk memverifikasi situs yang bukan spam buatan AI yang didorong oleh Google News. Sekadar informasi, studi Jerman tahun 2024 menemukan "banjir konten berkualitas rendah, terutama untuk pencarian produk, terus menenggelamkan [segala jenis] informasi berguna dalam hasil pencarian".
Belum diketahui pula apa yang memotivasi Google untuk menguji fitur verifikasi, atau apakah fitur itu akan benar-benar diluncurkan, tetapi ini akan menjadi perubahan yang disambut baik bagi pengguna yang merasa Google Search semakin buruk.