Technologue.id, Jakarta - YouTube akan meluncurkan saluran belanja resmi pertamanya untuk perdagangan langsung di Korea Selatan pada 30 Juni. Kabar ini diketahui melalui kantor berita Yonhap pada hari Rabu.
Korea Selatan telah memiliki bisnis perdagangan streaming langsung yang berkembang pesat yang dipimpin oleh raksasa teknologi Naver, menjadikannya pasar utama untuk kelas berat global karena perusahaan milik Alfabet ini berfokus untuk mendukung perdagangan online.
Baca Juga:
WhatsApp Luncurkan Fitur Mute Panggilan yang Mengganggu
Saluran baru akan beroperasi dalam bahasa Korea dan akan dimulai sebagai proyek 90 hari. Pada awalnya itu akan menyediakan platform perdagangan langsung untuk perusahaan dan berencana untuk menyiarkan langsung konten belanja dari sekitar 30 merek, kata Yonhap dan media Korea lainnya.
Ini adalah saluran belanja resmi pertama YouTube di negara mana pun, kata Yonhap.
"Kami dapat bereksperimen dengan berbagai fitur Belanja YouTube dari waktu ke waktu," ujar juru bicara YouTube.
Pendapatan iklan YouTube dipengaruhi oleh pengiklan yang membatasi pengeluaran dan persaingan dari platform seperti TikTok, Chief Business Officer Google Philipp Schindler mengatakan pada Februari ada "banyak potensi untuk memudahkan orang berbelanja dari pembuat, merek, dan konten yang mereka sukai".
Baca Juga:
Vimeo Hadirkan Tools Baru yang Didukung Teknologi AI
Pasar live commerce Korea Selatan diproyeksikan tumbuh menjadi 10 triliun won (USD7,7 miliar) tahun ini dari 2,8 triliun won pada tahun 2021, dengan Naver saat ini memegang sekitar 60% pangsa pasar, menurut Kyobo Securities.