Technologue.id, Jakarta - Berdasarkan relugator lembaga komunikasi Inggris Ofcom, saat ini lebih banyak masyarakat di Inggris yang menjadikan TikTok sebagai sumber untuk mencari berita. Penelitian ini dilakukan pada (21/7) lalu.
Dilansir dari The Verge (24/7), platform asal Tiongkok tersebut menjadi sumber berita dengan pertumbuhan tercepat di kalangan masyarakat di wilayah tersebut.
Baca Juga:
MIUI 14 Meluncur Agustus 2022, Siapa Jadi Korban?
Tak hanya TikTok, hal ini juga terjadi pada Instagram dan YouTube yang lebih sering digunakan.
Laporan itu juga menunjukkan, aplikasi TikTok digunakan 7% orang dewasa di Inggris naik begitu pesat dibandingkan tahun 2020. Meski begitu, TikTok masih berada di urutan keenam tujuan mencari berita terpopuler di Inggris pada kategori usia 16 sampai 24 tahun, di mana di sini 27% dari demografis.
“Remaja saat ini semakin tidak mungkin untuk membaca koran atau mendengarkan berita TV, alih-alih lebih memilih untuk tetap up-to-date dengan menelusuri laman media sosial mereka,” kata Group Director of Strategy and Research Ofcom, Yih-Choung Teh.
Pada rentang usia tersebut, Instagram jadi sumber berita terpopuler dengan 14%, diikuti Facebook 46%, saluran TV berita BBC One 36%, dan Twitter 36%. Sementara pada anak usia 12 sampai 15 tahun, tiga sumber berita digital teratas adalah Instagram 29%, serta YouTube dan TikTok sama-sama 28%.
Baca Juga:
Apple Uji Coba Fitur Nearby Interactions U1
Fakta yang cukup mengagetkan, sebagian besar pengguna TikTok mengaku mendapatkan berita justru dari orang yang diikuti dan bukan dari akun portal berita. Meski hanya sekitar 30% remaja yang mengaku percaya berita yang dibaca melalui aplikasi TikTok.
Sumber ini masih kalah dengan dua kelompok penting berbicara dengan keluarga 65% dan menonton TV 59%.