Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Tren Live Shopping, Siapa Jadi Favorit UMKM?
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Tren pemasaran daring secara langsung atau live streaming sales pada platform marketplace tengah jadi gaya penjualan baru yang diminati.

Live streaming menjadi daya tarik utama yang tidak hanya meningkatkan aktivitas belanja masyarakat, tetapi juga menjadi strategi utama bagi para pelaku usaha, baik itu brand lokal maupun UMKM dalam berjualan. Sejumlah pemain e-commerce menghadirkan fitur layanan live streaming seperti Shopee, TikTok, Tokopedia, dan Lazada.

Baca Juga:
5 Tips Untuk Memaksimalkan Konten Live Stream Bagi UMKM

Andi Sukma, Executive Director IPSOS Indonesia mengatakan bahwa fenomena live streaming bukan sekadar tren biasa, melainkan manifestasi nyata dari evolusi perilaku konsumen dan strategi penjualan online.

"Kompetisi yang dinamis serta adanya isu-isu mengenai pembatasan regulasi hingga narasi dua pemain besar yang berkolaborasi menuju akhir tahun 2023 lalu telah menjadi aspek menarik bagi IPSOS dalam riset kami kali ini," ujar Andi.

Berdasarkan riset Ipsos bertajuk "Tren Live Streaming E-commerce bagi Penjual" baru-baru ini, Shopee Live menjadi fitur live streaming yang paling sering digunakan oleh masyarakat Indonesia dengan perolehan suara 96%. Diikuti oleh TikTok Live (87%), Lazada Live (71%), dan Tokopedia Play (62%).

Selaras dengan penggunaan live streaming platform, Shopee Live (88%) juga menjadi saluran yang paling banyak digunakan dalam 3 bulan terakhir bagi para penjual. Diikuti oleh TikTok live (61%), Lazada Live (35%) dan Tokopedia Play (27%).

Selanjutnya, pada indikator Share of Value, mayoritas brand lokal dan UMKM memilih Shopee Live (44%), diikuti TikTok Live (28%), Lazada Live (17%), dan Tokopedia Play (12%).

Baca Juga:
Puncak TV Show Shopee 12.12 Birthday Sale Penuh Kemeriahan

Andi menjelaskan, melihat pertumbuhan yang pesat dan tingginya animo para penjual khususnya brand lokal dan UMKM akan Shopee Live, fitur live streaming kini ternyata semakin menjadi bagian penting dari lanskap belanja online di Indonesia.

"Masih banyak potensi besar yang bisa Shopee kembangkan dan ditawarkan ke depannya melalui berbagai inovasi dan program dalam menyambut live streaming sebagai masa depan industri e-commerce," ungkapnya.

SHARE:

Optimalkan Jaringan, Telkomsel Usung Solusi Self-Adaptive Feedback

Upgrade "Otak" iQOO 13 Janjikan Performa Gacor