Technologue.id, Jakarta - Menginjak usia ke-13, Tokopedia terus berupaya menciptakan super ecosystem yang bisa mempermudah masyarakat memulai dan menemukan apa pun '13ersama Tokopedia', demi mendorong pemulihan ekonomi nasional.
Salah satu inovasi layanan yang disuguhkan adalah Hyperlocal, yang bertujuan mendekatkan penggiat usaha dengan konsumen agar lebih efisien dari sisi biaya ongkos kirim dan waktu pengiriman.
"Salah satunya lewat inisiatif Hyperlocal yang menerapkan teknologi geo-tagging untuk mendekatkan penjual dengan pembeli setempat agar UMKM di seluruh penjuru Indonesia punya kesempatan yang sama untuk bertumbuh. Jadi tidak perlu pindah ke kota besar untuk menjangkau pasar," jelas Herman Widjaja, CTO Tokopedia.
Baca Juga:
Tokopedia Beber Sederet Inovasi Layanan Capai Usia 13 Tahun
Contoh manifestasi Hyperlocal, antara lain Kumpulan Toko Pilihan (KTP), halaman kurasi produk penjual terdekat dari lokasi pembeli. Ada pula aplikasi Mitra Tokopedia untuk membantu pemilik warung menstok barang dagangan dan berjualan produk digital, seperti pulsa, token listrik, hingga pembayaran pajak, biaya pendidikan maupun BPJS.
Selain itu, ada Tokopedia NOW! yang menyediakan produk harian dengan waktu maksimal dua jam pengiriman setelah pembayaran; Dilayani Tokopedia, layanan pemenuhan pesanan (fulfillment) di mana penjual bisa menitipkan produk di 'gudang pintar' pada wilayah dengan permintaan tinggi; dan Digitalisasi Pasar Tradisional yang bekerja sama dengan pemerintah pusat dan daerah.
External Communications Senior Lead Tokopedia, Rizky Juanita Azuz menyampaikan, "Kami mencatat berbagai temuan menarik berkat sejumlah inisiatif tersebut selama setahun ke belakang (Agustus 2021-Agustus 2022). Salah satunya di ekosistem Mitra Tokopedia, dimana jumlah transaksi dan penjual yang bergabung masing-masing bertumbuh 1,5 kali lipat dan hampir 2 kali lipat."
Baca Juga:
Tokopedia Gelar 'Semua Serba Murah' Rayakan Hut Ke-13
Tokopedia NOW! juga mengalami kenaikan jumlah transaksi sebanyak 2,5 kali lipat. Jumlah transaksi Dilayani Tokopedia juga meningkat lebih dari 3,5 kali lipat.
Di sisi lain, ada 10 pasar tradisional yang bergabung 13ersama Tokopedia dan akan terus bertambah. Beberapa kategori dan produk paling diminati dari masing-masing kategori:
Rumah Tangga | Makmin | Kesehatan | Elektronik | Fesyen |
Benih/Bibit Tanaman Stop Kontak Baterai | Minyak Buah Keripik | Vitamin Obat Herbal Masker Medis | Earphone Bohlam Speaker | Kaos Pria Sandal Wanita Tas Selempang Wanita |
Rizky menambahkan, Tokopedia juga membagikan penemuan menarik lainnya sepanjang Agustus 2021-Agustus 2022, antara lain:
● wilayah dengan peningkatan jumlah penjual paling tinggi: Pasangkayu, Pakpak Bharat, Banggai Kepulauan, Teluk Bintuni dan Kepulauan Anambas;
● wilayah dengan peningkatan jumlah pembeli paling tinggi: Asmat, Halmahera, Takalar, Jeneponto dan Bantaeng (rata-rata peningkatan 3,5 kali lipat);
● wilayah dengan peningkatan jumlah transaksi paling tinggi: Jayawijaya, Konawe Utara, Waropen, Paniai dan Pegunungan Bintang (rata-rata peningkatan 9 kali lipat).
Sepanjang bulan Agustus 2022, untuk merayakan ulang tahun ke-13, Tokopedia menghadirkan Promo Ultah Tokopedia ‘Semua Serba Murah’ di berbagai kampanye, di antaranya Serbu Official Store (SOS) pada 13-24 Agustus 2022 dengan cashback hingga Rp1,3 juta dan Waktu Indonesia Belanja (WIB) dengan flash sale mulai dari Rp130.