Technologue.id, Jakarta - Merayakan HUT ke-15, Tokopedia bersama ShopTokopedia mengadakan Festival Beli Lokal pada tanggal 24-25 Agustus 2024 di Plaza Timur Senayan, Jakarta. Festival ini menghadirkan lebih dari 125 merek lokal dari beragam industri dan wilayah di Indonesia, pengalaman belanja online-to-offline, serta sejumlah musisi ternama tanah air.
President Director of Tokopedia and TikTok E-commerce, Melissa Siska Juminto, mengatakan bahwa Festival Beli Lokal merupakan acara tahunan untuk memberikan panggung lebih besar dan lebih luas kepada para pelaku bisnis lokal untuk menampilkan produk-produk unggulan mereka secara lebih dekat dengan konsumen.
"Festival Beli Lokal me-manifest perjuangan kami untuk kemajuan UMKM di Indonesia. Selain ratusan merek lokal, acara ini ada juga workshop di depan," katanya saat berada di Festival Beli Lokal, Jakarta, Sabtu (24/8/2024).
Beberapa merek yang bisa dijumpai diantaranya Jacquelle, Kintakun, THENBLANK, ZM Zaskia Mecca, Batik Pandansari, dan Kopi Serambi. Lalu ada juga booth kuliner.
Baca Juga:
Fitur Live Shopping di ShopTokopedia Dorong Kenaikan Omset Seller
Beli Lokal merupakan kampanye Tokopedia dan ShopTokopedia yang diluncurkan pada momen 12.12 tahun 2023 bersama pemerintah, untuk meningkatkan eksistensi produk dan brand lokal. Kolaborasi tersebut berhasil mendongkrak transaksi sejumlah kategori produk lokal hingga 19 kali lipat. Data ini berdasarkan transaksi harian bulan Desember 2023 dibandingkan November 2023 di Tokopedia.
"Kami sangat senang melihat (capaian) itu. Dan Beli Lokal ini akan terus menjadi consistent campaign yang kami dorong," kata Melissa.
Sejumlah wilayah mengalami kenaikan tertinggi jumlah transaksi melalui kampanye Beli Lokal di Tokopedia, yaitu Jepara (Jawa Tengah), Cirebon (Jawa Barat), dan Ciamis (Jawa Barat), dengan rata-rata peningkatan jumlah transaksi hampir 2 kali lipat.
Di Tokopedia, beberapa produk dengan kenaikan tertinggi jumlah transaksi melalui kampanye Beli Lokal, antara lain: popok, hampers, dan aksesoris kamera dengan rata-rata peningkatan jumlah transaksi hampir 9 kali lipat pada semester I 2024 dibandingkan semester II 2023.
Sejumlah wilayah mengalami kenaikan tertinggi jumlah transaksi melalui kampanye Beli Lokal di ShopTokopedia, yaitu Sumatra Selatan, Sulawesi Barat, dan Kalimantan Selatan. Di ShopTokopedia, beberapa produk dengan kenaikan tertinggi jumlah transaksi melalui kampanye Beli Lokal, antara lain parfum, deodoran, dan hijab, dengan rata-rata peningkatan jumlah transaksi lebih dari 3,5 kali lipat. Hal ini mengacu pada data ShopTokopedia selama rentang Mei 2024 dibandingkan Januari 2024.
Baca Juga:
Tokopedia dan ShopTokopedia Alami Kenaikan Jumlah Penjual
Selain mengadakan Festival Beli Lokal, Tokopedia dan ShopTokopedia akan terus berupaya membantu lebih banyak pelaku usaha khususnya UMKM lokal memaksimalkan pemanfaatan konten video termasuk live streaming untuk membangun brand, memperluas pasar, dan meningkatkan penjualan. Penjual yang melakukan live shopping di ShopTokopedia rata-rata mengalami kenaikan penjualan hampir 7 kali lipat.
"Hal ini melatarbelakangi kami mengadakan sederet pelatihan untuk membuat penjual makin fasih membuat konten video promosi. Kami pun mencetak lebih banyak kreator konten sekaligus afiliator muda yang bisa membantu promosi produk dari UMKM lokal, misalnya melalui program seperti Creators Lab," jelas Melissa.
Tokopedia dan ShopTokopedia juga telah berkolaborasi bersama sederet menteri dan pemerintah terkait lainnya untuk mempromosikan produk lokal melalui live shopping.