Technologue.id, Jakarta - Tokopedia dan ShopTokopedia merayakan Hari Sumpah Pemuda 2024 dengan terus berupaya membantu pelaku usaha di Indonesia, termasuk anak muda, memulai dan membangun bisnis di era digital lewat pemanfaatan teknologi. Untuk makin mendorong kemajuan pelaku usaha muda di era digital, Tokopedia dan ShopTokopedia mencetak sebanyak-banyaknya kreator muda profesional yang diharapkan bisa membantu UMKM memperluas pasar dan memasarkan produk.
Head of Communications Tokopedia and TikTok E-commerce, Aditia Grasio Nelwan, mengatakan bahwa Peringatan Hari Sumpah Pemuda 2024 sejalan dengan upaya kolaborasi Tokopedia dan ShopTokopedia bersama mitra strategis untuk membantu pelaku usaha muda mendapatkan panggung lebih luas sehingga produk mereka makin diminati masyarakat.
"Misalnya, dengan mengedepankan kampanye seperti Beli Lokal dan Melokal Dengan Batik. Kami juga mencetak lebih banyak kreator muda profesional lewat Creators Lab untuk membantu UMKM mempromosikan produk dengan cara yang lebih menarik dan relevan," ujar Aditia, dalam konferensi pers secara daring, Senin (28/10/2024).
Baca Juga:
Tokopedia dan Shopee Ramai-Ramai Gencarkan Potensi Produk Lokal
Aditia menjelaskan, Fesyen konsisten menjadi salah satu kategori produk paling laris di Tokopedia dan ShopTokopedia. Pada kuartal III 2024, sejumlah kategori paling laris di Tokopedia, antara lain: Fesyen, Kecantikan dan Perawatan Tubuh, Kesehatan, Makanan dan Minuman, dan Rumah Tangga.
Sedangkan di ShopTokopedia, antara lain Fesyen, Kecantikan dan Perawatan Tubuh, Makanan dan Minuman, Home Supplies, dan Elektronik. Khusus pada kategori Fesyen, terdapat beberapa produk terlaku di Tokopedia pada kuartal III 2024, yaitu atasan, sepatu, dan bawahan. Sedangkan di ShopTokopedia, yaitu atasan, hijab, dan bawahan.
"Guna makin mendorong kontribusi merek fesyen lokal, khususnya UMKM, terhadap perekonomian digital, Tokopedia dan ShopTokopedia bersama mitra strategis melakukan berbagai upaya. Contohnya lewat kampanye Beli Lokal yang bekerja sama dengan pemerintah untuk memberikan etalase khusus bagi merek lokal agar makin menjadi pilihan masyarakat," papar Aditia.
Ada pula kampanye Melokal Dengan Batik yang bekerja sama dengan pemerintah, institusi pendidikan, kreator, dan lembaga keuangan, untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas perajin dan UMKM batik di era teknologi
Baca Juga:
Fitur Live Shopping di ShopTokopedia Dorong Kenaikan Omset Seller
Brand lokal, termasuk dari bidang fesyen, yang dimotori oleh pelaku usaha muda dan ikut dalam berbagai kampanye di Tokopedia dan ShopTokopedia merasakan dampak positif. Contohnya, Dama Kara yang mengalami peningkatan penjualan 2 kali lipat berkat Beli Lokal, dan Batik Paduka yang mengalami kenaikan penjualan hingga 70% berkat berpartisipasi dalam Melokal Dengan Batik.
Aditia menambahkan, "Tokopedia dan ShopTokopedia sangat mengapresiasi anak muda pelaku usaha--seperti pemilik Dama Kara dan Batik Paduka--yang berani memulai dan membangun bisnis, serta memberdayakan komunitas, khususnya yang juga anak muda."