Technologue.id, Jakarta - Pada 12 September pukul 10:00 WIB, Tinder akan menghadirkan Swipe Night, untuk pertama kali di Indonesia dan di dunia. Swipe Night, yang sebelumnya telah diluncurkan akhir tahun lalu di AS, merupakan sebuah cerita petualangan interaktif di dalam aplikasi Tinder dimana para pengguna akan diminta untuk menentukan pilihan di saat-saat penting.
Setiap pilihan yang diambil oleh pengguna akan menentukan akhir dari cerita mereka di dalam petualangan ini. Tidak hanya itu, pilihan mereka juga akan menentukan dengan siapa dia akan match dan berguna untuk menjadi topik obrolan setelah serial seru ini berakhir.
Kekuatan Berbagi Pengalaman Digital
Pandemi telah menyadarkan kita bahwa obrolan yang memiliki dasar kesamaan yang dibagikan secara digital memiliki kekuatan yang besar. Keharusan untuk jaga jarak sosial dan di rumah saja yang dilakukan secara bersamaan telah membuat pengguna Tinder semakin cerewet dan kreatif.
Di Indonesia, keaktifan pengguna memuncak pada tanggal 12 April 2020, yaitu di tengah terjadinya masa pembatasan sosial, dengan jumlah swipe antar pengguna di bawah umur 26 tahun meningkat 29% dan jumlah pengiriman pesan meningkat 61%. Selain itu, hampir sepertiga Generasi Z di Asia Pasifik (lahir antara 1996 dan 2012) menghabiskan waktu enam jam atau lebih dengan smartphone mereka.
Swipe Night yang diciptakan untuk Generasi Z, akan membawa pengguna Tinder dari rumah mereka ke sebuah destinasi baru untuk terlibat dalam sebuah petualangan secara langsung dari smartphone mereka. Selama tiga minggu berturut-turut mulai 12 September, setiap cerita dari video berdurasi 7 menit ini akan tayang di aplikasi mulai pukul 10:00 WIB hingga Minggu tengah malam, dengan alur cerita yang berubah-ubah tergantung dari setiap swipe apakah kamu akan menyelamatkan anak anjing, atau teman? Apakah kamu akan mengambil kotak P3K, atau...
"Saat periode di rumah saja dimulai, kami melihat adanya peningkatan aktivitas pengguna kami di Tinder, sehingga kami sadar bahwa kami memiliki peran penting dalam mewarnai kegiatan mereka selama di rumah saja," ungkap Jim Lanzone, CEO Tinder. "Ketika krisis kesehatan dunia terus berlanjut, kami percaya Swipe Night dapat memberikan suasana baru bagi pengguna kami di seluruh dunia. Kami berkomitmen untuk mendorong inovasi di Tinder dalam menciptakan lebih banyak cara untuk menyatukan pengguna kami, menghibur mereka, serta membantu mereka untuk bertemu dan mengenal orang baru"
Cerita Swipe Night
Swipe Night bercerita tentang sekelompok teman, dengan si pengguna Tinder sebagai subyek yang berperan sebagai tokoh utama. Plot cerita berkisar tentang sekelompok teman tersebut selama beberapa jam terakhir sebelum asteroid menghantam Bumi. Saat cerita berlangsung, pengguna Tinder akan menghadapi dilema moral dan pilihan praktis yang akan berdampak pada kejadian selanjutnya dan dengan siapa mereka akan match ketika cerita ini berakhir. Namun pengguna harus bertindak cepat: hanya ada tujuh detik untuk menentukan setiap keputusan. Setiap minggu, pilihan pengguna akan ditambahkan ke dalam profil Tinder mereka sehingga akan ada banyak materi untuk membuat lelucon ataupun untuk membuka pembicaraan dengan kenalan baru di Tinder.
Untuk menciptakan Swipe Night, Tinder bekerja sama dengan beberapa nama besar di bidangnya. Cerita video ini disutradarai oleh Karena Evans yang berusia 24 tahun (sutradara video musik Drake) dan ditulis oleh Nicole Delaney (Big Mouth, Netflix) dan Brandon Zuck (Five Points, Facebook Watch).
Pastikan untuk mengikuti serial Swipe Night setiap pekan di bulan September, mulai 12 September, tayang hanya di aplikasi Tinder mulai pukul 10:00 WIB. Setiap cerita Swipe Night hanya akan tersedia hingga hari Minggu tengah malam.
Waktu dan tanggal live sebagai berikut:
- Sabtu, 12 September pada pukul 10:00 - Minggu, 13 September pada pukul 23:59
- Sabtu, 19 September pada pukul 10:00 - Minggu, 20 September pada pukul 23:59
- Sabtu, 26 September pada pukul 10:00 - Minggu, 27 September pada pukul 23:59