Technologue.id, Jakarta - Perusahaan pionir Online Travel Agent (OTA) di Indonesia, tiket.com sukses menggelar ajang OTW LOKAL sebagai bagian dari upaya nyata untuk menghadirkan serangkaian program promosi inovatif guna dorong angka transaksi industri pariwisata pada Q4 2020. Hal ini terbukti dengan volume transaksi di bulan November untuk pemesanan hotel dengan tujuan utama, Bali dan Yogyakarta, yang mencapai angka tertinggi di tahun 2020 serta transaksi pembelian tiket penerbangan untuk rute favorit, yang meningkat 8 kali lipat bila dibandingkan bulan-bulan sebelumnya.
Dalam acara virtual akhir tahun, Gaery Undarsa, Co-Founder & Chief Marketing Officer tiket.com, memaparkan rangkaian prestasi yang diukir pada Q4, yaitu per November 2020, tingkat pemulihan okupansi sektor perhotelan meningkat 67% dan transaksi harian pemesanan tiket pesawat pun terbang setinggi 56% dibandingkan dengan data Q3 2020. "Prestasi ini mengukuhkan peran tiket.com sebagai pioneer OTA Indonesia yang siap menjadi yang pertama membantu pemerintah membangkitkan pariwisata nasional dan menggerakan ekonomi nasional, membantu saudara-saudara kita yang bekerja di sektor dan sub-sektor pariwisata untuk kembali tersenyum dan berjaya seperti sebelumnya."
Tren ini pun dirasakan oleh I Ketut Alam Wangsawijaya, EVP Transaction Banking Business Development, PT Bank Central Asia Tbk menjelaskan lebih lanjut, "Secara menyeluruh, pada Q4, kami melihat bahwa pembelanjaan kategori travel mengalami peningkatan dibandingkan kuartal sebelumnya. Travel memang sudah menjadi kebutuhan masyarakat termasuk nasabah BCA, namun demikian dalam kondisi pandemi diharapkan masyarakat maupun pelaku industri diharapkan tetap menerapkan protokol kesehatan dengan baik, sehingga tetap aman dan nyaman. Untuk kemudahan dalam pemilihan keperluan travel, beragam inovasi kemudahan pun diluncurkan oleh BCA, salah satunya adalah fitur pemesanan hotel, tiket pesawat, dan tiket kereta api pada mobile banking BCA, yang kami beri nama Mobile BCA Lifestyle," tambah Ketut.
Daftar Prestasi OTW LOKAL 2020
- Data transaksi pemesanan hotel
Di bulan November, permintaan pemesanan hotel di berbagai destinasi wisata, seperti Bali dan Yogyakarta, berhasil memecahkan rekor transaksi bulanan tertinggi sepanjang tahun 2020, hingga -melonjaknya transaksi harian pemesanan hotel yang mencapai 118% bila dibandingkan seminggu sebelum periode OTW LOKAL.
Mayoritas transaksi pemesanan hotel diperuntukkan untuk menginap pada awal Desember (74%), liburan akhir tahun hingga pertengahan Januari (20%), sisanya untuk sepanjang 2021.
Hotel-hotel terpopuler terletak di kota-kota wisata favorit, seperti Jakarta, Bali, Bandung, Surabaya, dan Yogyakarta.
- Data transaksi pemesanan tiket pesawat
OTW LOKAL berikan kontribusi 8 kali lipat untuk pembelian tiket pesawat bila dibandingkan dengan total transaksi keseluruhan pembelian tiket pesawat pada bulan-bulan sebelumnya. Ini menunjukkan pemulihan dalam industri penerbangan dan perjalanan bila dibandingkan pada kuartal sebelumnya.
Transaksi harian pembelian tiket pesawat pun naik tajam hingga 60% dibandingkan seminggu sebelum ajang OTW LOKAL berlangsung.
Sebanyak 79% tiket pesawat yang dipesan itu untuk liburan awal Desember untuk penerbangan ke TOP 5 destinasi wisata, yaitu: Surabaya, Medan, Bali, Makassar, dan Yogyakarta.
Lalu, 20% dari porsi total tiket pesawat yang terjual pada ajang OTW LOKAL kemarin, dibeli oleh masyarakat untuk liburan perayaan tahun baru yang diteruskan hingga pertengahan Januari 2021.
- Data transaksi fitur Tiket To Do (TTD)
Transaksi fitur Tiket To Do dari pelanggan selama OTW LOKAL melompat 172% atau hampir dua kali lipat dibandingkan dengan pelanggan seminggu sebelum OTW LOKAL.
Berdasarkan periode liburan, 97% pelanggan membeli tiket wisata aktifitas untuk awal Desember 2020 dan sisanya untuk liburan tahun baru hingga pertengahan Januari 2021.
TOP 5 kota destinasi dengan obyek wisata populer dalam fitur Tiket To Do adalah Jakarta & Banten, Jawa Barat, Sumatera, Bali, dan Jawa Timur.
- Berdasarkan Jadwal Pemesanan
Sebesar 77% dari keseluruhan transaksi OTW LOKAL dibeli oleh pelanggan untuk berlibur pada awal Desember, kemudian sebesar 19% memilih berlibur tahun baru hingga pertengahan Januari 2021, dan sisanya memutuskan melakukan perjalanan setelah Januari 2021.
Utamakan Keamanan dan Kesehatan Pelanggan: Gratis Test Swab Antigen dan Asuransi Perjalanan
Sebagai OTA yang customer-centric, tiket.com memiliki misi untuk membuat perjalanan terasa mudah dengan menghadirkan rangkaian fitur dan program guna memprioritaskan kenyamanan, keamanan, dan keselamatan pelanggan.
"tiket.com berkomitmen penuh untuk menjadi yang pertama untuk bahu membahu memulihkan industri pariwisata Indonesia yang terdampak pandemi Covid-19 dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan dan kebijakan pemerintah yang bertujuan untuk menekan penyebaran virus," ujar Gaery.
Untuk memudahkan pelanggan berlibur, tiket.com berikan Test Swab Antigen secara Gratis senilai Rp 250,000 untuk penumpang Citilink Indonesia dengan rute domestik, dan potongan diskon sebesar Rp 205,00 Test Swab PCR dan potongan Rp 50,000 Test Swab Antigen untuk seluruh maskapai (kecuali Citilink) dengan rute dan tujuan yang memberlakukan aturan pengecekan swab PCR atau antigen, dengan jadwal terbang 19 Desember - 08 Januari 2021.
tiket.com juga berikan asuransi perjalanan, tiket Free Protection, yang memberikan perlindungan jiwa, biaya pengobatan akibat kecelakaan, serta kompensasi pembatalan perjalanan.
Protokol kesehatan menjadi salah satu kunci pertimbangan masyarakat dalam memesan hotel dan melakukan perjalanan ke sebuah destinasi wisata. Fitur tiket CLEAN menjadi andalan pelanggan dalam memilih mitra akomodasi (hotel atau villa), transportasi (pesawat, sewaan mobil) atau produk lainnya saat berlibur. Dengan memilih mitra yang berlabel tiket CLEAN, pelanggan tetap bisa liburan sekaligus menjaga kesehatan dan kenyamanan hati. Hingga saat ini, terdapat lebih dari 8.200 hotel di Indonesia yang telah memperoleh label tiket CLEAN.
Fokus tiket.com 2021: Pemulihan Pariwisata Indonesia
Tahun 2021 menandai sebuah momentum historik dalam sejarah tiket.com, yaitu perayaan usia ke-10. Berdasarkan rencana kerja 2021, tiket.com akan berupaya untuk menjadi yang pertama dalam mendorong jajaran kampanye dan berbagai aktivitas sebagai bagian dari misi pemulihan industri pariwisata Indonesia.
Setelah travel ban diangkat, serangkaian upaya strategis telah dicanangkan guna menggenjot arus turis domestik dan mancanegara ke berbagai destinasi wisata di Indonesia agar dapat bangkit dan berjaya seperti dulu.
Salah satu langkah nyata adalah kemitraan eksklusif antara BCA dan tiket.com sebagai partner pemesanan tiket pesawat, hotel, dan tiket kereta api yang kesemuanya ini tersedia dalam menu Lifestyle BCA Mobile pada platform mobile banking BCA.
Sebagai bagian dari dukungan berkelanjutan tiket.com bagi pemerintah dalam upaya untuk menekan angka penyebaran Covid-19 walaupun sudah ada rencana vaksinasi fase pertama di awal tahun 2021, tiket.com terus menghimbau masyarakat untuk terus disiplin menjalankan protokol Kesehatan, memakai masker, rajin mencuci tangan, serta tetap jaga jarak fisik selama perjalanan/berlibur, sehingga perjalanan menjadi aman dan nyaman sesuai keinginan hati.