Technologue.id, Jakarta - Vivo resmi meluncurkan smartphone barunya Vivo V30 Series di Indonesia, Rabu (28/2/2024). Fotografi jadi salah satu fitur yang diunggulkan dari perangkat ini.
"Kami melakukan upgrade kamera dari generasi sebelumnya. Ini merupakan V Series pertama hasil kolaborasi atau co-engineered dengan Zeiss," kata Alexa Tiara, PR Manager Vivo Indonesia.
Alexa mengatakan, kolaborasi ini menandai komitmen perusahaan untuk memajukan potrait technology dalam industri smartphone.
Adapun dua model yang diperkenalkan saat ini adalah Vivo V30 5G dan Vivo V30 Pro. Hands-on V30 Pro ada di artikel terpisah, jadi fokus spesifikasi di artikel ini adalah untuk varian reguler.
Untuk spesifikasi Vivo V30 5G, ponsel ini memiliki layar 6,78 inci AMOLED 1.5K dengan resolusi 1260 x 2800 refresh rate 120Hz. Desain layarnya sendiri menggunakan model 3D curved.
Baca Juga:
Sebentar Lagi, Duet Vivo dan ZEISS Bakal Meluas ke V Series
Bicara soal desain, Vivo V30 5G hadir dengan bentuk yang tipis dan ringan. Dimensinya 164.4 x 75.1 x 7.45 mm, sementara bobotnya cuma 186 gram.
Di sektor kamera, smartphone Vivo yang satu ini dibekali kamera belakang utama 50 MP f/1.9 yang sudah mendukung OIS, ultra-wide-angle 50 MP f/2.0 serta kamera depan atau selfie 50 MP f/2.0. Untuk varian reguler, Vivo tidak membekali teknologi imaging Zeiss seperti di varian Pro.
Fendy Tanjaya, Product Manager Vivo Indonesia mengatakan bahwa di bawah modul kamera di bagian belakang ponsel, juga terdapat fitur yang diberi nama All-New Aura Light Portrait yang ditingkatkan, menjadikannya sebagai andalan Vivo V30.
"Dibandingkan generasi sebelumnya, Aura Light pada generasi kali ini memiliki diameter yang lebih besar, dengan area pencahayaan 20 kali lebih luas dari lampu flash biasa dan 50 kali lebih halus sehingga tidak akan kelihatan pucat," kata Fendy soal fitur unggulan Vivo V30 5G ini.
Kecerahan Aura Light juga ditingkatkan sampai 30 persen, untuk membuat potret wajah menjadi lebih merata seperti mengambil foto dengan lampu studio.
Aura Light terbaru juga dilengkapi kemampuan Smart Lighting Control, yang secara otomatis menyesuaikan suhu warna yang paling tepat dengan lingkungan.
Untuk dapur dari ponsel ini, prosesornya menggunakan Qualcomm Snapdragon 7 Gen 3 (4 nm), serta digunakan Ultra Large VC Bionic Cooling System sebagai teknologi pendinginannya.
Baca Juga:
Jajal Kemampuan Kamera Vivo V30 Pro yang Dibekali Teknologi Zeiss
Fendy dalam presentasinya mengatakan, area pendinginan ini sebesar lebih dari 35.000 mm persegi, atau 20 persen lebih tinggi dibandingkan dengan perangkat generasi pendahulunya.
Ketahanan perangkat juga sudah melewati beberapa tes durabilitas, mulai dari tes 42.000 drop test hingga sudah mendapatkan IP54 untuk ketahanan terhadap debu dan air.
Baterai perangkat yang sebesar 5000 mAh BlueVolt Battery juga mendukung pengisian daya cepat 80W, yang diklaim dapat terisi 50 persen hanya dalam waktu 18 menit. Fendy menjamin kekuatan baterai bisa bertahan hingga 4 tahun penggunaan.
Vivo menghadirkan satu varian RAM dan memori V30 di Indonesia yaitu 12GB/512GB, di mana telah memiliki fitur RAM virtual tambahan sampai 8 GB.
Vivo V30 5G hadir di Tanah Air dengan tiga varian warna "Zamrud Khatulistiwa" yaitu Hijau Khatulistiwa, Putih Puspa, dan Hitam Vulkanik. Pada Hijau Khatulistiwa, vivo menampilkan keindahan lanskap dan kesuburan alam Indonesia, sekaligus mewakili filosofi pertumbuhan dan perkembangan individu menjadi lebih dewasa dan matang, menjadi sebuah warna yang unik.
Pada varian Putih Puspa, vivo merepresentasikan kecantikan khas Indonesia dan menjadikannya sebagai simbol identitas warisan budaya bangsa. Selain itu, untuk varian Hitam Vulkanik, vivo ingin memamerkan kekayaan tanah Indonesia dan menyimbolkan ketangguhan serta kekuatan bangsa menghadapi berbagai situasi.
Adapun, untuk harga Vivo V30 5G di Indonesia adalah Rp 5.999.000 untuk varian 8GB/256GB, dan Rp6.999.000 untuk varian 12GB/512GB.
Perusahaan juga telah membuka masa pre-order Vivo V30 5G pada tanggal 28 Februari sampai 1 Maret 2024, dengan memberikan sejumlah promo dan penawaran untuk konsumen.