Technologue.id, Jakarta - Penjualan tablet terus meningkat mendekati akhir tahun. Berdasarkan data firma riset International Data Corporation (IDC), penjualan tablet secara global pada kuartal III 2024 meningkat 20,4% mencapai 39,6 juta unit.
Di kuartal ini, Apple masih mempertahankan posisinya di puncak dengan pengiriman sebanyak 12,6 juta tablet, naik 1,4% dibandingkan periode yang sama pada tahun sebelumnya.
Baca Juga:
iPad Mini Jadi Tablet "Termurah" untuk Jajal Apple Intelligence
Di posisi kedua, Samsung berhasil mengirimkan 7,1 juta unit, naik 18,3% dari tahun sebelumnya. Keberhasilan ini didukung oleh popularitas seri Galaxy Tab A9, serta peningkatan penjualan di segmen pendidikan dan bisnis.
Amazon berada di peringkat ketiga dengan pengiriman 4,6 juta unit, meningkat 111,3% dari tahun sebelumnya. Diskon Prime Day untuk tablet Fire menjadi pendorong utama lonjakan ini.
Selain itu, Huawei berada di posisi keempat dengan 3,2 juta unit yang dikirimkan, meningkat 44,1% dibandingkan tahun sebelumnya. Lenovo mengikuti di posisi kelima dengan pengiriman 3 juta unit atau naik 14,7%. Permintaan untuk tablet Lenovo sangat kuat di pasar Tiongkok dan Eropa Barat.
Baca Juga:
Samsung Perluas Konektivitas Wi-Fi 7 untuk Smartphone dan Tablet Galaxy
Analis Riset Senior di IDC Anuroopa Nataraj melihat masih banyak peluang bagi pasar tablet untuk terus tumbuh. Fitur-fitur yang digerakkan oleh artificial intelligence (AI) sangat diminati, sebab pengguna mencari tablet yang lebih personal dan intuitif.
Merek-merek pemasok produk tablet pun terus melakukan inovasi agar bisa selalu menghadirkan produk terbaik. Beberapa inovasi itu mencakup inovasi hardware seperti layar yang semakin canggih dan inovasi software yang mulai melibatkan teknologi kecerdasan buatan atau AI.