Technologue.id, Jakarta - TikTok, platform media sosial yang sedang populer, telah memperkenalkan cara baru bagi para kreator konten untuk menghasilkan uang.
Pada hari Selasa, perusahaan tersebut mengumumkan peluncuran "Tantangan Kreatif TikTok", fitur monetisasi baru yang memungkinkan para kreator mengirimkan iklan video ke tantangan merek dan mendapatkan penghasilan berdasarkan performa video mereka.
Baca Juga:
Sejumlah Karyawan Waze Bakal Kena PHK Imbas Integrasi Google Ads
TikTok Creative Challenge saat ini sedang dalam tahap pengujian dengan merek-merek tertentu.
Syarat untuk menggunakan fitur ini, para kreator harus berusia minimal 18 tahun dan memiliki akun yang berbasis di AS dengan minimal 50.000 pengikut.
Setelah terdaftar di TikTok Creative Challenge, para kreator dapat menjelajahi daftar tantangan, melihat kumpulan hadiah, serta detail dan persyaratan tambahan.
Video yang diunggah oleh para kreator tidak akan ditampilkan di profil pribadi mereka. Jika video mereka disetujui, video tersebut akan ditayangkan sebagai iklan di Umpan Untuk Anda di dalam aplikasi TikTok.
TikTok menyatakan bahwa para kreator yang terdaftar dalam program ini akan mendapatkan akses ke sumber daya tambahan, termasuk grup Komunitas Kreator khusus dan Program Mentor untuk terhubung dengan kreator lainnya.
Konsep dan premis dari TikTok Creative Challenge ini agak mirip dengan Pearpop, sebuah startup yang berbasis di Los Angeles yang memfasilitasi kolaborasi antara merek dan para kreator, serta antara para kreator sendiri.
Pearpop memungkinkan para kreator dan merek untuk membeli kolaborasi dengan selebriti seperti Madonna dan kreator terkenal seperti Sommer Ray.
Para selebriti dan influencer ini dapat menjual kesempatan berkolaborasi dengan mereka atau dapat mengadakan "tantangan" yang mengundang orang-orang untuk membuat postingan dengan menggunakan prompt atau suara tertentu di TikTok atau Instagram.
Hal ini dengan tujuan mendapatkan kesempatan memenangkan hadiah uang tunai yang ditentukan berdasarkan tingkat keterlibatan.
Tawaran baru dari TikTok mengikuti model yang sama dengan membantu para kreator menghemat waktu dan usaha dalam mencari kesepakatan dengan merek.
Perlu dicatat bahwa fitur baru ini hadir ketika TikTok baru-baru ini meluncurkan "Program Kreativitas Beta" yang diperbarui, yang tersedia untuk semua kreator yang memenuhi syarat di Amerika Serikat bulan lalu.
TikTok menjelaskan bahwa program baru ini dirancang untuk memberikan pendapatan yang lebih tinggi dan membuka lebih banyak peluang dunia nyata bagi para pembuat konten.
Baca Juga:
Bos ChatGPT Sam Altman Bakal Nonton Gelut Elon Musk dan Mark Zuckerberg
Untuk memenuhi syarat dalam program ini, para pembuat konten harus memiliki akun yang berbasis di AS, berusia minimal 18 tahun, memiliki setidaknya 10.000 pengikut, dan setidaknya 100.000 penayangan dalam 30 hari terakhir.
Tantangan Kreatif TikTok merupakan tambahan terbaru dari rangkaian alat monetisasi TikTok, yang juga meliputi langganan LIVE, Seri, TikTok Pulse, serta fitur monetisasi tip dan hadiah.