Technologue.id, Jakarta - STEB Group berkolaborasi dengan Google Indonesia menghadirkan acara 'C-Suite Chat 2023' yang mempertemukan para pelaku marketing dari lintas sektor untuk bertukar wawasan, strategi, dan inovasi dari tren yang terjadi selama tahun 2023.
Acara yang diadakan setiap tahunnya ini membahas mengenai beberapa trend updates dari implementasi teknologi dalam dunia marketing terutama pada platform Google, membedah kesalahan dalam campaign planning, hingga berbagi kunci dalam media playbook untuk persiapan kampanye Ramadan di tahun 2024 mendatang.
Baca Juga:
Badan Antariksa Eropa Uji Roket Ariane 6 untuk Misi Luar Angkasa
Dalam C-Suite Chat 2023 ini terdapat poin penting yang telah dirangkum, diantaranya:
Inovasi teknologi meningkatkan kreativitas dan user experience
Tahun ini semakin banyak marketing campaign yang menggunakan AR, AI, dan VR. Beberapa contoh penggunaannya bisa terlihat pada automasi marketing dalam mengelola campaign dengan lebih efisien, penyelenggaraan event online-to-offline dengan VR, pembuatan desain konten, hingga pemanfaatan video menggunakan influencer berbasis AI.
Membedah full-funnel strategy dalam campaign planning
Memahami pentingnya langkah-langkah dalam sebuah campaign planning, mulai dari awarness, consideration hingga conversion.
Pemanfaatan big data yang disebar melalui cross channel dan dilakukan melalui automation system juga turut menambah keberhasilan sebuah campaign.
Popularitas internet untuk usia 15-49 tahun melapaui penetrasi TV
Popularitas Youtube yang sangat lah besar pada kelompok umur 18-34 di Indonesia, dengan adanya connected TV yang semakin menyebar ternyata turut membantu peningkatan konsumsi Youtube di Indonesia.
Penggunaan Youtube untuk marketing campaign pun menunjukkan hasil yang efektif. Menurut survei Nielsen “Matched Panel Analysis in APAC”, tercatat 84% campaign Youtube mendorong peningkatan penjualan offline di Asia Pacific.
Baca Juga:
Huawei ICT Academy Tingkatkan Kapasitas Digital Mahasiswa Universitas Andalas
Mempelajari AMP Framework dalam media playbook
AMP sendiri terdiri dari Amplify yaitu pendekatan yang menekankan visibilitas tinggi untuk dapat mengaplifikasi pesan kepada masyarakat luas.
Multiply merupakan pendekatan yang mengejar interaksi audience untuk mencapai hal ini. Sedangkan Paricipate meruapakan pendekatan final untuk menggaet targeted user secara spesifik.