Technologue.id, Jakarta - Perusahaan penyedia platform komunikasi application programming interface (API), Sendbird, mengumumkan ketersediaan chatbot AI melalui instalasi plug-and-play yang mudah. Solusi ini cocok untuk bisnis skala kecil hingga menengah (UKM) di industri e-commerce, kesehatan, pendidikan, rekrutmen, pariwisata & perhotelan, hingga perbankan.
"Saat ini, berbagai brand konsumen dan perusahaan besar telah menggunakan teknologi AI secara efektif untuk berinteraksi dengan pelanggan, klien, dan pasien mereka. Sayangnya, sulit bagi perusahaan kecil untuk bersaing dengan pemain besar yang sudah memanfaatkan teknologi tersebut," jelas CEO dan Co-founder Sendbird, John S. Kim.
Baca Juga:
Wuling Ramaikan BCA Expo 2024, Hadirkan 8 Mobil Andalan
Chatbot AI Sendbird dikembangkan agar teknologi tersebut dapat diakses oleh UKM. Sendbird sekali lagi membuktikan bahwa penggunaan chatbot AI tidak lagi membutuhkan waktu lama, anggaran besar, atau bahkan tim pengembang khusus. Kini, bisnis apapun yang memiliki situs web dapat memanfaatkannya dengan mudah.
"Sendbird memungkinkan chatbot AI merekomendasikan penerbangan, hotel, atau produk secara langsung sesuai kebutuhan pelanggan. Dengan solusi API Sendbird, fungsionalitas chatbot AI diperluas, yang pada akhirnya dapat mempersempit kesenjangan kompetitif secara efektif antara UKM dengan bisnis lainnya yang lebih besar dan mapan," jelas John.
Solusi chatbot AI Sendbird terintegrasi secara lancar dengan Sendbird Desk yang dapat membantu membangun sistem penjualan dan dukungan pelanggan yang terintegrasi. Kombinasi teknologi ini memungkinkan UKM mencapai efisiensi komunikasi yang terotomatisasi dengan sentuhan dan nuansa yang humanis.
"Solusi perangkat lunak yang lengkap ini diharapkan dapat memberdayakan UKM untuk meningkatkan retensi dan meningkatkan kepuasan pelanggan dengan jawaban yang cepat, akurat, dan memenuhi harapan konsumen," kata John.
Baca Juga:
Intip Kemampuan Humanoid Figure AI yang Didukung Jeff Bezos hingga Nvidia
Dibangun di atas platform komunikasi real-time yang dipercaya oleh para pemimpin industri seperti Traveloka dan Carousell yang beroperasi di Indonesia, serta Rakuten, Paytm, PayPay, Yahoo, DoorDash, dan Krafton, chatbot AI Sendbird memastikan integrasi tanpa batas dengan situs web dan aplikasi seluler agar bisnis dapat langsung berhubungan dengan pelanggannya.
"Dengan memanfaatkan kekuatan perangkat AI, bisnis dapat menyederhanakan sistem dukungan pelanggan mereka, menghemat waktu, dan mengalokasikan sumber daya secara lebih efektif," tambah John.