Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Sederet Program Tokopedia Dukung Perempuan Adaptasi Digital
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Bertepatan pada Hari Perempuan Sedunia 8 Maret, Tokopedia menyatakan dukungan terhadap pemberdayaan perempuan di Indonesia melalui berbagai program yang telah diluncurkan.

Tokopedia menggagas dua program untuk mengasah keterampilan digital perempuan, yaitu Tokopedia Bersama atau singkatan dari Beraksi untuk Sesama dan Tokopedia Academy.

Tokopedia Bersama menghadirkan program Tokopedia Migrant-CARE yang membantu perempuan purna migran menciptakan peluang bisnis online. Ada juga program Edukasi dan Mentoring E-commerce bersama Asosiasi Perempuan Pengusaha Usaha Kecil (ASPPUK) untuk menyediakan pelatihan bagi perempuan pegiat UMKM.

Baca Juga:
Google Doodle Angkat Tema Hari Perempuan

Di sisi lain, Tokopedia Academy konsisten mendorong kemajuan talenta digital perempuan, salah satunya melalui konferensi teknologi tahunan START Women in Tech. Konferensi ini melibatkan banyak perempuan ahli teknologi sebagai pembicara.

Selain program yang berkaitan dengan edukasi, Tokopedia juga senantiasa mempermudah kaum perempuan dalam memenuhi kebutuhan harian mereka.

"Tokopedia terus melakukan inovasi baik dari product development maupun menghadirkan beragam kampanye-kampanye yang ditujukan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat sehari-hari," ujar Helena, Head of Product (Campaign) Tokopedia, dalam sesi konferensi pers online, Selasa (8/3/2022).

Untuk memenuhi kebutuhan pengguna perempuan, Helena menuturkan beberapa program yang disediakan diantaranya Beauty Dealight, Tokopedia Now, Cantik Fest, dan Home Living Salebrations.

"Kampanye-kampanye ini yang akan membuat masyarakat lebih mudah lagi dalam memenuhi kebutuhan sehari-harinya," ucapnya.

Kampanye belanja turut mendongkrak pelaku UMKM wanita. Tokopedia mencatat jumlah perempuan pelaku UMKM di Tokopedia meningkat 2,5 kali lipat di 2021 dibandingkan 2020

Perusahaan e-commerce itu juga melihat beberapa kota di Indonesia mengalami peningkatan paling tinggi dalam hal jumlah perempuan pegiat usaha lokal selama 2021.

"Ada Pekanbaru, Palembang, Pekalongan, Denpasar dan Balikpapan," tutur Helena.

Hal ini didorong oleh banyak inisiatif Tokopedia bersama pegiat usaha lokal, termasuk perempuan pegiat UMKM. Mulai dari Tokopedia Beauty Awards 2021, Women in Style serta inisiatif Hyperlocal dan turunannya seperti Tokopedia Nyam!, Festival Fashion Lokal Jawa Barat dan masih banyak lagi.

Baca Juga:
Majukan Talenta Digital Nasional lewat Tokopedia Academy, Partisipan Meningkat Hampir 3x Lipat di Tahun 2021

Studio Dapur adalah contoh UMKM Bandung dengan omzet puluhan juta di Tokopedia, besutan perempuan pegiat usaha, Mega Puspita dan beberapa rekannya. Mereka memberdayakan pengrajin anyaman bambu dengan berbagai latar belakang di desa Padakembang, Singaparna, Jawa Barat.

"Para pengrajin ini memproduksi produk anyaman bambu ramah lingkungan, seperti tudung saji, baki, alas gelas dan piring, keranjang dan lain-lain. Kami juga rutin mengedukasi para pengrajin bambu dan warga setempat terkait pembuatan kerajinan bambu berkualitas agar bisa dijadikan mata pencarian warga sekaligus menjaga kelestarian desa," jelas Mega.

Noesa merupakan contoh UMKM lainnya yang juga digawangi oleh perempuan dan memberdayakan pengrajin lokal. Annisa Hendrato dan Cendy Mirnaz menggandeng komunitas perempuan penenun dan penjahit di Nusa Tenggara Timur (NTT) untuk menghasilkan produk tenun ikat Flores dalam bentuk dompet, gelang, tali kamera dan masih banyak lagi.

"Selama pandemi, Tokopedia menyumbang lebih dari 60% terhadap penjualan keseluruhan Noesa. Ini turut menjaga produktivitas perempuan pengrajin di NTT. Produk kami pun jadi bisa diakses oleh masyarakat dari Sabang hingga Merauke," kata Annisa.

SHARE:

BMW Astra Sediakan Mobil Pemain BNI Indonesian Masters 2024

Indosat Catat Pendapatan Rp 41T Sepanjang 2024