Technologue.id, Jakarta - Menyambut Hari Pahlawan yang jatuh pada 10 November mendatang, Tokopedia melalui inisiatif Hyperlocal terus memberi panggung bagi lebih dari 14 juta pelaku usaha di Indonesia.
Hal ini dilakukan Tokopedia karena UMKM sendiri memberikan kontribusi yang besar, yaitu lebih dari 60% terhadap PDB Indonesia. "Melalui inisiatif ini, UMKM Indonesia mempunyai kesempatan yang sama untuk tumbuh dan berkembang," ucap Nafisah Wulandari selaku Head of Regional Growth Expansion Tokopedia.
Baca Juga:
Transaksi PBB Online di Tokopedia Naik Lebih dari 30 Kali pada Kuartal III 2023
Hyperlocal Tokopedia memiliki berbagai inisiatif untuk para penjualnya, diantaranya Kumpulan Toko Pilihan (KTP), Dilayani Tokopedia, Wakti Indonesia Belanja (WIB), Tokopedia Nyam, Tokopedia Fashion, serta pendampingan bisnis online seperti Pusat Edukasi Seller, Kelas Maju Digital, dan Perempuan Maju Digital.
Tokopedia juga terus berinovasi untuk membantu pengembangan UMKM lokal lewat sederet inovasi self-service experience di Seller Dashboard Tokopedia, contohnya fitur 'Wawasan' dimana penjual bisa mendapatkan data komperhensif untuk memaksimalkan peluang bisnis.
Deretan upaya yang dilakukan Tokopedia juga sejalan dengan salah satu komitmen ESG GoTo Tiga Nol (Three Zeroes), yaitu Nol Hambatan (Zero Barriers), yang bertujuan untuk membantu masyarakat menciptakan peluang tanpa hambatan lewat ekosistem GoTo, termasuk Tokopedia.
Baca Juga:
Tokopedia Masih Dipercaya Sebagai Platform Digital Resmi Penyedia Kelas Pelatihan Prakerja
Dengan inisiatif Hyperlocal juga terbukti mendukung tumbuh kembang UMKM lokal, dimana tercatat beberapa daerah, seperti Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Bali, dan lainnya mengalami kenaikan tinggi jumlah penjual di semester I 2023 pascapandemi dibandingkan dengan semester II 2019 prapandemi, hingga hampir tiga kali lipat.