Technologue.id, Jakarta - Rukita, perusahaan coliving dengan pertumbuhan paling pesat di Indonesia menunjukkan performa bisnis yang positif di tengah pandemi seiring dengan berkembangnya tren bekerja dari rumah (WFH) dan perilaku masyarakat yang semakin sadar biaya. Pencapaian ini mendorong Rukita untuk membantu lebih banyak mitra dalam memaksimalkan propertinya di masa-masa sulit ini.
Di tengah pandemi Covid-19, perekonomian nasional mengalami perlambatan karena menurunnya daya beli masyarakat, tak terkecuali di sektor properti residensial. Dengan perubahan prioritas, masyarakat, terutama kaum milenial yang mencapai 60% dari total populasi Indonesia pada 2020, cenderung menunda keputusan membeli hunian dan memilih opsi menyewa yang lebih terjangkau. Hal ini menyebabkan bisnis hunian coliving yang menawarkan segala kemudahan dan fasilitas lengkap untuk milenial bertumbuh pesat, bahkan lebih signifikan dibandingkan sebelum pandemi. Selain itu, respon positif terhadap platform dengan konsep ekonomi berbagi (sharing economy) juga turut berkontribusi dalam mendorong pertumbuhan bisnis ini di Tanah Air.
Berkembangnya tren WFH selama pandemi juga turut menjadikan bisnis coliving semakin populer seiring dengan meningkatnya permintaan pasar akan hunian yang aman, nyaman, dan menunjang WFH, namun tetap terjangkau. Pada kuartal ketiga tahun ini, Rukita mencatat rata-rata pertumbuhan okupansi bulanan (MoM) di seluruh unit mencapai 20%. Sementara itu, jumlah penghuni baru bertumbuh hampir 2,5 kali lipat pada periode Juni - Oktober jika dibandingkan dengan periode Januari - Mei 2020.
Sarah Soewatdy, Co-founder & COO Rukita, menyatakan, "Pandemi ini menimbulkan ketidakpastian dalam segala hal sehingga masyarakat menjadi lebih sadar biaya dan cermat mengelola keuangan. Kondisi tersebut menciptakan celah bagi bisnis kami untuk berkembang lebih cepat dengan penyediaan hunian coliving yang berkualitas namun tetap terjangkau. Oleh karena itu, Rukita optimis dapat menghadirkan solusi nyata dan kepastian bagi para pemilik properti, baik dari aspek ekonomi maupun psikologi. Kami menawarkan kesempatan bagi mereka untuk memaksimalkan potensi propertinya, sehingga mereka dapat tenang menjalani kehidupan sambil menikmati pendapatan pasif bebas ribet."
Sejak awal didirikan, Rukita menerapkan model bisnis yang berkelanjutan dengan investasi pada keahlian yang kuat dalam manajemen properti dari hulu ke hilir, meliputi pemeriksaan & penilaian bangunan sebelum proses transformasi, pemasaran & akuisisi penghuni, operasional, pemeliharaan properti, hingga pasca penyewaan (after stay). Jenis kemitraan yang ditawarkan pun bersifat fleksibel sehingga mampu memberikan solusi sesuai kebutuhan masing-masing pemilik properti. Selain itu, Rukita juga berfokus menjamin kualitas layanannya untuk menjaga kepercayaan para mitra. Salah satunya dengan memastikan standar pelayanan yang konsisten di mana seluruh kegiatan operasional dijalankan dan dikelola secara cermat oleh tim internal Rukita yang telah melalui proses pelatihan yang ketat sesuai dengan bidangnya masing-masing, mulai dari housekeeping, repair & maintenance, hingga security.
Philip, salah satu pemilik properti yang telah bermitra dengan Rukita sejak awal 2020 menceritakan, "Alasan saya bergabung dengan Rukita adalah bentuk kemitraan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan saya akan pengelolaan properti yang bebas ribet. Rukita memberikan layanan yang profesional dengan tim yang kompeten dari berbagai departemen serta terbukti unggul dalam hal desain interior. Saya merasa sangat terbantu dan dapat berfokus pada bisnis utama saya dengan pengelolaan operasional Rukita sehari-hari yang didukung oleh tim housekeeping, keamanan, dan siaga yang bertugas di lapangan, Bahkan di saat pandemi, Rukita juga mampu mengakusisi penghuni secara maksimal dan mengimplementasikan protokol kesehatan yang ketat, sehingga saya pun dapat lebih tenang karena properti saya dikelola oleh mitra yang tepat."
Selama pandemi, Rukita terus beradaptasi untuk semakin relevan dalam menjawab kebutuhan pasar melalui rangkaian inisiatif new normal yang digagas. Untuk menciptakan hunian coliving dengan standar baru yang lebih aman dan nyaman, Rukita secara konsisten menerapkan protokol kesehatan yang ketat di seluruh unit. Selain itu, inovasi Rukita Workpod dihadirkan guna mengakomodir perubahan kebutuhan perusahaan agar para karyawan dapat tetap produktif dan berkoordinasi dengan mudah layaknya bekerja di kantor. Rukita juga menggandeng sejumlah mitra untuk memberikan nilai tambah yang dapat meningkatkan kenyamanan serta menjamin kesehatan para penghuni. Tak hanya itu, virtual viewing juga tersedia bagi calon penghuni yang ingin melakukan survei secara aman tanpa harus berkunjung langsung ke unit. Sederet inisiatif ini dilakukan sebagai bentuk komitmen Rukita untuk memberikan pendapatan berkelanjutan dan ketenangan pikiran bagi para mitra di masa-masa sulit ini.