Technologue.id, Jakarta - TikTok meluncurkan kampanye Serunya Indonesia, sebuah kampanye hyperlocal yang akan dilaksanakan selama bulan Agustus dalam rangka merayakan HUT RI ke-77.
Untuk mengawali kampanye ini, TikTok menyelenggarakan program perjalanan wisata bertajuk "Jelajah SerunyaIndonesia" yang didukung oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dan online travel agent (OTA) tiket.com, untuk mengeksplorasi 77 destinasi wisata di Indonesia bersama kreator TikTok. Tayangan ini akan disiarkan secara langsung di TikTok LIVE selama 77 jam.
Baca Juga:
Intip Sejumlah Program Seru pada Kampanye #SerunyaMembaca di TikTok
Lima destinasi super prioritas yang mencakup Borobudur di Magelang, Jawa Tengah, Mandalika di Nusa Tenggara Barat, Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur, Danau Toba di Sumatera Utara, dan Likupang di Sulawesi Utara akan menjadi bagian dari program Jelajah Serunya Indonesia ini.
"Kami berharap lewat program kolaborasi bersama TikTok ini, pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif bisa mendapatkan inspirasi baru dalam meningkatkan kemampuan adaptasi, inovasi, dan kolaborasi yang baik, demi pariwisata Indonesia yang lebih maju," ungkap Firnandi Gufron, Plh. Direktur Komunikasi Pemasaran, Kemenparekraf/Baparekraf.
Jelajah #SerunyaIndonesia ini akan dibagi menjadi empat grup jelajah dan melibatkan empat kreator Canny Claudia, Firly Adhyatma Rusli, Melani Amelia dan Nanda Setya Pratama Juanda yang kerap berbagi inspirasi destinasi wisata di TikTok. Masing-masing grup akan melaksanakan penjelajahan selama 10 hari.
Grup pertama akan memulai penjelajahan di kota Aceh dan berakhir di Pontianak, grup kedua dimulai dari Samarinda dan berakhir di Yogyakarta, grup ketiga dari Manado dan berakhir di Ambon, sementara grup keempat akan memulai jelajah dari Merauke dan berakhir di Bali.
Setelah 10 hari penjelajahan berakhir, keempat grup akan kembali berkumpul di Jakarta.
Baca Juga:
Laporan Transparasi TikTok Meningkat
Agung Pamungkas, Public Policy and Government Relations, TikTok Indonesia menjelaskan bahwa konten wisata dan travel berkembang pesat dan menjadi bagian dari lima konten teratas di Indonesia.
"Kami berharap, konten livestream dari kreator ini dapat memberikan inspirasi dalam meningkatkan adaptasi, inovasi, dan kolaborasi untuk kemajuan pariwisata Indonesia. Program ini pun bisa menjadi cara untuk saling menginspirasi dalam mencintai, menumbuhkan rasa bangga, sekaligus mempromosikan Indonesia dengan cara yang seru, kreatif, dan menghibur," tuturnya.
Dia menerangkan, tak hanya menjelajah berbagai wilayah di Indonesia, program ini juga akan mendukung pemberdayaan kreator daerah dan lokal, melalui program "Serunya On The Road (SOTR)" di tiga kota, yaitu Semarang, Bali, dan Medan.
Program ini bertujuan untuk membuka peluang dan memberdayakan ekonomi kreator di Indonesia, sehingga siapa pun dapat ikut mempromosikan wisata Indonesia dengan cara yang kreatif dan menyenangkan.