Technologue.id, Jakarta - TikTok kembali menggelar "Maju Bareng TikTok", program rutin per kuartal setiap tahun untuk memberikan pelatihan digital kepada para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).
Program ini menghadirkan berbagai kelas gratis untuk membantu pelaku UMKM go digital. Program dukung UMKM ini berlangsung mulai tanggal 17 hingga 18 Januari 2024 dengan total 600 peserta.
Baca Juga:
Kolaborasi dengan Tokopedia, TikTok Tampilkan Kampanye Beli Lokal via Icon "Shop" di Sebelah Beranda
Haryobimo Pramudito, Head of SMB, TikTok Indonesia menjelaskan bahwa program ini diharapkan dapat membantu UMKM memaksimalkan potensi bisnis mereka di TikTok dan membantu proses percepatan transformasi digital mereka.
"Program Maju Bareng TikTok yang sudah berlangsung secara rutin sejak tahun 2021 ini bertujuan untuk membantu para pelaku UMKM dalam mengoptimalkan pemasaran, branding, dan praktik bisnis berkelanjutan, serta memberikan pondasi yang kuat bagi pertumbuhan dan keberlanjutan bisnis mereka," ujarnya.
Program ini berfokus pada pemberdayaan UMKM melalui pelatihan dan edukasi tentang Ekosistem TikTok keseluruhan (TikTok Ads Manager, TikTok LIVE Shopping, dan kembalinya fitur belanja di TikTok) agar bisnis lokal dapat memasarkan produknya dan bersaing di platform digital.
Baca Juga:
Harbolnas 12.12, TikTok Kolaborasi dengan Tokopedia Kampanyekan Inisiatif "Beli Lokal"
Dalam sesi diskusi dan workshop, para peserta UMKM dapat belajar tentang cara pembuatan konten dan pengunaan platform untuk mengembangkan bisnis di TikTok. Mulai dari video pendek yang menarik, dan memanfaatkan kemampuan storytelling serta hubungan emosional yang diharapkan dapat membangun kesadaran merek, mendorong penjualan, dan menumbuhkan loyalitas pelanggan.
Selain itu, MBT juga bermitra dengan enam komunitas UMKM untuk memperluas jangkauan program ke komunitas UMKM yang beragam.