Technologue.id, Jakarta - Platform perencanaan pesta online Punchbowl melakukan rebranding penting dengan tujuan menghadirkan organisasi yang lebih terintegrasi dan kuat.
Dalam langkah strategis ini, Punchbowl sekarang beroperasi dengan nama Sincere Corporation. Selain melakukan rebranding, Sincere juga mengakuisisi aplikasi kapsul memori pribadi yang terkenal, Timehop, untuk memperkaya layanannya. Timehop masih tetap berada di pasar dengan fungsinya yang populer.
Baca Juga:
YouTube Turunkan Persyaratan untuk Kreator: Fitur Monetisasi Lebih Mudah Diakses
Timehop: Mengingat Kenangan Dalam Sekejap
Timehop adalah aplikasi yang sangat populer selama dekade terakhir. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk melihat kembali kenangan dalam bentuk foto dari berbagai platform seperti Facebook, Instagram, Twitter, Google Foto, dan Dropbox.
Daya tarik utama aplikasi ini adalah menampilkan kiriman-kiriman "hari ini dalam riwayat Anda" untuk mengingatkan pengguna tentang apa yang terjadi pada hari ini beberapa tahun yang lalu.
Dalam perjalanan suksesnya, Timehop berhasil mendapatkan pendanaan sebesar lebih dari $14 juta dari investor terkemuka seperti Spark Capital, O'Reilly Alphatech Ventures, Shasta Ventures, Dennis Crowley dari Foursquare, dan Randi Zuckerberg.
Bahkan, Facebook pun membuat fitur serupa dengan Timehop yang bernama "On This Day" pada tahun 2015, yang berhasil menarik 60 juta pengunjung setiap harinya selama setahun. Google juga tidak ketinggalan dengan memperkenalkan fitur "Menemukan Kembali Hari Ini" dalam layanan Foto mereka.
Namun, seiring berjalannya waktu, relevansi aplikasi Timehop agak meredup. Pada tahun 2017, pendiri dan CEO Jon Wegener memutuskan untuk keluar dari perusahaan dan bergabung dengan Snap. Tahun berikutnya, aplikasi ini mengalami pelanggaran data besar yang mempengaruhi 21 juta pengguna.
Meskipun demikian, pendiri dan CEO Punchbowl, Matt Douglas, menyatakan bahwa "jutaan" orang masih mengakses Timehop setiap harinya. Meski jumlah unduhan aplikasi ini menurun, pengguna yang setia masih terus memanfaatkannya.
Menurut data dari perusahaan analitik Data.ai, unduhan Timehop di Google Play Store dan Apple App Store mencapai puncaknya pada tahun 2014 dengan 13,5 juta unduhan. Namun, pada tahun lalu, jumlah unduhan aplikasi ini hanya mencapai 140.000 kali.
Data tersebut menunjukkan bahwa Amerika Serikat mendominasi pangsa unduhan secara global dengan 63%, diikuti oleh Inggris dengan 22%.
Firma analitik lainnya, Sensor Tower, melaporkan bahwa Timehop hanya diunduh sebanyak 720.000 kali sejak tahun 2020. Meskipun angka pastinya tidak disebutkan, analis wawasan senior, Abe Yousef, menyatakan bahwa pengguna aktif bulanan pada bulan Mei 2023 mengalami penurunan sebesar 80% dibandingkan dengan Mei 2016.
Mengawali Jejak Baru
Dengan menggabungkan Timehop ke dalam portofolionya, bersama dengan akuisisi VidHug yang sekarang dikenal sebagai Memento pada tahun 2021, Punchbowl ingin menciptakan merek yang mencerminkan fokus mereka pada penciptaan kenangan. Maka dari itu, Punchbowl melakukan rebranding dan memilih nama Sincere.
Dibandingkan dengan Timehop, Punchbowl (aktif sejak 2013) dan Memento (aktif sejak 2021) memiliki jumlah unduhan seumur hidup yang lebih rendah, yaitu masing-masing 4 juta dan 67.000, menurut data dari Data.ai.
Namun, angka ini belum mencakup penggunaan platform melalui web. Douglas mengungkapkan bahwa Sincere adalah perusahaan berbasis langganan, dan mereka sedang mempertimbangkan cara untuk memperkenalkan model langganan ke dalam Timehop dengan pendekatan yang lebih user-friendly.
Baca Juga:
Printbox 3.0 Siap Layani Kebutuhan Dokumen Mahasiswa
Ia mengindikasikan bahwa paket berlangganan mungkin akan menawarkan keuntungan tambahan seperti penghapusan iklan. Selain itu, Sincere juga mendirikan yayasan yang berkomitmen untuk menyumbang kepada berbagai tujuan yang mulia.
Selanjutnya, perusahaan juga telah menginvestasikan sekitar setengah juta dolar ke BookClubs, sebuah platform yang membantu orang dalam membuat dan mengelola klub buku.