Technologue.id, Jakarta - Qiscus, perusahaan penyedia platform chat multichannel untuk bisnis, rilis beberapa fitur dan produk terbaru di acara Conversa 2021.
Lewat peluncuran ini, Qiscus ingin bantu lebih banyak pelaku bisnis untuk ciptakan customer experience yang lebih relevan dengan konsumen, hadirkan layanan teknologi yang lebih sesuai dengan kebutuhan bisnis, serta menyediakan layanan untuk berkolaborasi bagi partner atau perusahaan SaaS lainnya.
Produk Qiscus yang punya fitur baru adalah Qiscus Multichannel Chat, sementara produk barusnya bernama Qiscus Robolabs dan Qiscus App Center. Hadirnya rangkaian produk dan fitur baru ini didasari karena permintaan pasar.
CTO Qiscus, Evan Purnama, mengatakan bahwa, “Terdapat tiga hal utama yang kami highlight pada rilis produk kali ini, yaitu customer experience, automasi, dan kolaborasi. Ketiga hal ini menjadi poin penting dalam konteks menjadikan platform Qiscus Multichannel Chat sebagai digital ekosistem yang sesuai dengan kebutuhan bisnis dalam memenuhi ekspektasi konsumen.”
Peluncuran pertama yang diumumkan Qiscus adalah tiga fitur baru pada Qiscus Multichannel Chat. Fitur pertama adalah Messenger API for Instagram, yang bikin pengguna bisa integrasikan akun Instagram Direct Message-nya dengan dashboard Qiscus Multichannel Chat.
Fitur kedua adalah Multichannel Contacts yang berfungsi untuk manajemen dan pengelolaan data pelanggan yang bersumber dari berbagai platform. Fitur ketiga yaitu Multichannel Mobile Widget, pengguna Qiscus Multichannel bisa pasang widget Multichannel Chat Qiscus di mobile application, jadi bakal mudahkan konsumen saat mereka menghubungi lewat aplikasi.
Sementara Robolabs adalah platform chabot builder yang bikin penggunanya bisa bikin chatbot sendiri, dengan manfaatkan template chabot sederhana dan tak perlu punya kemampuan coding.
Lalu penggunaan file Excel sebagai basisnya permudah pelatihan untuk pengguna. Chatbot ini pun terintegrasi dengan platform NLP dari Google, yaitu Dialogflow.
Qiscus Robolabs punya banyak fitur yang bisa lengkapi kebutuhan bisnis, khususnya dalam hal pelayanan customer service seperti: Handover agent, Bot template, Training bot, Integrate with External Webhook, dan Analytics. Jadi bisnis bisa lihat metrik penggunaan chatbot, seperti jumlah percakapan yang bisa dihandle oleh bot, atau percakapan mana yang diteruskan ke human agent.
Produk lain yang dirilis adalah Qiscus App Center, yang bikin pengguna Qiscus Multichannel Chat bisa temukan dan integrasikan banyak aplikasi untuk dukung kebutuhan bisnisnya, seperti CSAT, Agent Allocation, CRM, dan custom channels.
Conversa 2021 adalah konferensi tahunan perdana yang digelar Qiscus, perusahaan teknologi penyedia platform Multichannel Chat untuk bisnis. Bertemakan Embracing Business Agility, event ini digelar selama 3 hari, pada 28-30 September 2021 lalu, dengan hadirkan pembicara-pembicara yang expert pada bidangnya.