Technologue.id, Jakarta – Indosat Ooredoo melakukan antisipasi peningkatan kebutuhan aktivitas digital pelanggan melalui optimalisasi dan operasional jaringan yang terintegrasi.
Hal ini dalam upaya memasuki masa liburan perayaan Hari Raya Natal 2021 dan menyambut Tahun Baru 2022 (NARU).
Berdasarkan analisa tren yang dilakukan, Indosat Ooredoo memprediksi kenaikan traffic data sebesar 20%-25% dibandingkan hari biasa.
Baca Juga:
Indosat Ooredoo Sukses Luncurkan 5G di Lima Kota Besar, Ini Langkah Selanjutnya?
Lebih lanjut, peningkatan trafik tertinggi diperkirakan terjadi di wilayah Bodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Sulawesi Utara.
Kapasitas jaringan yang disiapkan adalah 44 PB (Petabyte) per hari, lebih dari cukup untuk melayani puncak lalu lintas data dengan maraknya platform yang menyuguhkan konten video.
Memasuki awal masa liburan NARU 2021, Indosat Ooredoo telah mencatatkan kenaikan traffic data sebesar 10% secara nasional.
Director and Chief Operating Officer Indosat Ooredoo, Vikram Sinha, mengatakan bahwa Indosat Ooredoo siap menemani pelanggan mengisi masa liburan akhir tahun mereka dengan jaringan yang handal dan optimal melengkapi beberapa inisiatif digital yang telah diluncurkan.
"Kami berharap masyarakat Indonesia dapat mengisi waktu libur mereka bersama keluarga dan orang terdekat dengan hal-hal positif dan tetap menjaga kesehatan di tengah pandemi COVID-19 yang masih melanda Indonesia. Baru-baru ini kami juga telah meluncurkan layanan 5G di kota kelima tahun ini yang menandakan kami siap mendukung transformasi digital Indonesia," tutur Vikram.
Beberapa aktivitas peningkatan kualitas jaringan dilakukan untuk memastikan pelanggan menikmati pengalaman digital terbaik dengan didukung lebih dari 70 ribu BTS 4G berkualitas video.
Baca Juga:
Rayakan 45 Tahun, Indosat Ooredoo Pacu Indonesia Jadi Bangsa Digital
Indosat Ooredoo mengaktifkan Command Center fisik terpusat selama perayaan Natal dan Tahun Baru untuk memantau ketersediaan dan kualitas jaringan selama 24/7 yang didukung oleh Network Operation Center berbasis AI/ML (Artificial Intelligence/Machine Learning) dan otomatisasi.
Command Center juga melakukan pemantauan proaktif terhadap area publik dan pemukiman yang diprediksi akan mengalami lonjakan traffic, seperti tempat rekreasi, jalan utama, jalan tol, rest area, bandara, terminal bus, stasiun kereta api, dan tempat ibadah.
Meningkatkan pengalaman digital pelanggan selama masa liburan, inisiatif digital Indosat Ooredoo yang telah diluncurkan sebelumnya pada tahun 2021 ini siap untuk menemani pelanggan, mulai dari aplikasi IMBeats, IMGaming, hingga IMove.
Selain itu, Indosat Ooredoo juga telah mengintegrasikan beberapa e-wallet, termasuk OVO, GoPay, dan IMkas ke dalam aplikasi myIM3-nya.
Ke depannya akan ada opsi pembayaran e-wallet lainnya untuk mendukung platform UMB yang terintegrasi seperti ShopeePay, DANA, dan LinkAja.
"Semoga ekosistem digital lengkap yang kami sediakan dapat menjadi pilihan bagi para pelanggan mengisi keseruan liburan mereka. Kami akan memastikan jaringan Indosat Ooredoo siap mengantisipasi lonjakan traffic dan pergerakan pengguna selama masa perayaan NARU," tutup Vikram.