Technologue.id, Jakarta - Pasar tablet mengalami tren penurunan bisnis. Menurut data yang baru dirilis dari Canalys, penjualan tablet pada tahun 2023 turun 10% dibandingkan tahun 2022. Jumlah produk yang terjual berjumlah 135,3 juta unit selama setahun penuh.
Canalys melaporkan, meski ramai promosi dan penawaran bundling tablet-smartphone saat musim liburan akhir tahun namun tidak cukup untuk membalikkan nasib pasar.
“Strategi promosi yang agresif telah diterapkan secara global untuk mengatasi peningkatan persediaan tablet yang sudah berlangsung lama. Di pasar tertentu di Asia Pasifik, misalnya, ada contoh model tablet lama yang digabungkan dengan ponsel pintar yang baru diluncurkan untuk mempercepat penyelesaian inventaris," kata Himani Mukka, Manajer Riset di Canalys.
Baca Juga:
Makin Canggih, Berikut Rekomendasi 5 Tablet Terbaik 2023
Dikutip dari blog resni Canalys, Apple masih merajai pasar tablet dengan pangsa pasar hampir 40% dari total keseluruhan. Pangsa pasarnya terpantau sedikit menurun dibandingkan dengan tahun 2022 ketika mereka menguasai 40,4% market share. Tahun lalu, keluarga iPad mengapalkan lebih dari 54 juta unit.
Mengekor Apple, ada Samsung yang memiliki pangsa pasar sebesar 19%, dibandingkan dengan 19,3%. tahun sebelumnya. Raksasa teknologi asal Korea Selatan itu melakukan 25,6 juta pengiriman tablet Galaxy ke seluruh dunia.
Lenovo menempati posisi ketiga dengan meraih 6,9% pangsa pasar, sementara Huawei dan Amazon masing-masing di posisi keempat dan kelima dengan masing-masing pangsa pasar 6,1% dan 5,8%.
Dibandingkan dengan Q4 tahun 2022, dilaporkan Huawei dan Lenovo yang mengalami pertumbuhan – sebesar 95,4% untuk Huawei dan 14,9% untuk Lenovo. Penjualan Apple turun 24%, Samsung turun 10%, dan Amazon turun 43,9%. Pasar tablet secara keseluruhan di Q4 mengalami penurunan penjualan sebesar 11% menjadi 37,8 juta unit.
Baca Juga:
Rekomendasi Tablet untuk Pelajar, Termurah dengan Harga Rp1 Jutaan
Menariknya, para analis Canalys memperkirakan pasar tablet akan pulih tahun ini, didorong oleh tingkat persediaan yang lebih sehat dan penggunaan yang lebih luas untuk sektor pemerintah dan komersial. Selain itu, tahun ini akan inovasi tablet yang dapat dilipat, meskipun jumlah pengirimannya tidak akan terlalu tinggi karena harganya yang diperkirakan premium.
"Model-model baru yang diumumkan oleh TCL dan Lenovo di CES 2024 dan upgrade yang ditunggu pada portofolio iPad Apple pada awal tahun ini akan membantu memberikan dorongan pada peluang penyegaran tablet," ujar Mukka.