Technologue.id, Jakarta - Semenjak ada pandemi pola konsumen mulai berubah, terutama dalam hal berbelanja. GoMart, layanan belanja online di aplikasi Gojek, menghadirkan berbagai peningkatan layanan yang semakin mempermudah hidup masyarakat di masa pandemi.
Tarun Agarwal, Head of Groceries Gojek, mengatakan bahwa pandemi telah mengubah cara berbelanja bahan kebutuhan rumah tangga atau groceries. Selama pandemi, mereka melihat pergeseran perilaku masyarakat dalam berbelanja groceries secara online menjadi lebih reguler, di mana mereka semakin mengandalkan layanan GoMart
"Setelah adanya perubahan perilaku tersebut, masyarakat jadi lebih terbiasa transaksi secara online dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk belanja groceries. Transaksi GoMart pun meningkat 7-8 kali selama pandemi tahun 2020 lalu," kata Tarun, dalam konferensi pers virtual, Kamis (15/4/2021).
Baca Juga:
GoMart Perkenalkan Asisten Belanja EmakJago
Pertumbuhan bisnis ini turut dibuktikan oleh peningkatan jumlah SKU yang terjual di GoMart sebesar 19 kali lipat dibanding sebelum pandemi. Begitupun kenaikan sebanyak 8 kali lipat pada pelanggan yang bertransaksi bulanan.
"Ini merupakan peningkatan bisnis yang kami lihat selama setahun belakang," ucapnya.
Seiring angka pertumbuhan bisnis tersebut, layanan belanja online itu pun melakukan peningkatan dan perluasan layanan di antaranya menambah pilihan merchant, memperluas layanan ke 11 kota baru di Indonesia, serta meningkatkan pengalaman belanja menggunakan asisten belanja berpengalaman Emak Jago.
Baca Juga:
Masyarakat Enggan ke Pasar, Transaksi Belanja Groceries Online Melonjak
Sementara dari sisi fitur, GoMart melakukan pembaruan stok harian yang hingga 4x secara otomatis di aplikasi pelanggan. Dengan fitur ini, pelanggan bisa langsung mengetahui saat produk yang ingin dibeli habis atau tidak tersedia di merchant yang dituju.
Fitur terbaru lainnya adalah chat antara pelanggan dengan Emak Jago, untuk memudahkan proses berbelanja. Selain itu, GoMart juga memberikan rekomendasi resep dalam aplikasi untuk pengalaman pengguna yang lebih baik yang akan berguna terutama selama Ramadhan.