Technologue.id, Jakarta - Sepuluh tahun YouTube telah diluncurkan di Indonesia dan platform ini pun terus berkembang, kini dengan lebih dari 25 juta orang Indonesia menstreaming YouTube ke televisi mereka pada tahun 2022 saja.
Dalam acara Brandcast 2022, yang merupakan sebuah acara marketing tahunan oleh YouTube, platform ini mengumumkan bahwa 80% orang dewasa di kota-kota terbesar menonton YouTube di televisi mereka di rumah, yang biasa disebut sebagai "Connected TV". Tiga vertikal konten teratas yang biasa mereka tonton adalah musik, hiburan, serta video tentang kesehatan fisik dan mental.
Baca Juga:
YouTube Akhirnya Izinkan Pengguna Android Perbesar Video
Bahkan, 87% pemilik smart TV menonton YouTube di Connected TV, dan hal ini telah mengubah cara orang Indonesia mendefinisikan TV, dengan 74% responden survei mengatakan bahwa YouTube adalah TV ketika mereka menyaksikannya di layar televisi.
Sejak YouTube Shorts diluncurkan pada tahun 2021, channel yang mengupload video Shorts dan video berdurasi panjang mengalami peningkatan waktu tonton dan pertumbuhan subscriber secara keseluruhan, dibandingkan dengan channel yang hanya mengupload video berdurasi panjang. Menurut laporan Culture and Trends YouTube 2022, 59% konsumen Gen Z menggunakan YouTube Shorts untuk menemukan konten video yang mereka sukai dalam format yang berdurasi lebih panjang.
"Mulai dari live streaming konser, video Shorts yang menyenangkan, hingga menonton Connected TV bersama keluarga dan teman, YouTube adalah satu-satunya platform cocok dengan begitu banyak kebutuhan dan suasana hati orang-orang di berbagai kategori, format, dan perangkat sepanjang hari," kata Yolanda Sastra, Head of Ads Marketing, Google Indonesia.
Baca juga:
YouTube Uji Coba Fitur Baru untuk Edit Video Jadi Pendek
Pada Februari 2022, masyarakat Indonesia rata-rata menonton YouTube selama 26,4 jam per bulan di aplikasi Android.
Di Indonesia, kini ada lebih dari 1.300 channel yang memiliki lebih dari satu juta subscriber (naik 30% year-on-year dari tahun 2021) dan ada lebih dari 16.200 channel yang memiliki jumlah subscriber lebih dari 100 ribu (naik 35% sejak 2021).