Technologue.id, Jakarta - Pasar ponsel Indonesia tumbuh 11,5% YoY (year on year) pada Q1 2022, dan Oppo masih jadi penguasanya mengangkangi Samsung.
Monthly Indonesia Smartphone Channel Share Tracker dari Counterpoint Research meyebutkan, komposisi pasar ponsel Indonesia cenderung ke segmen menengah ke bawah, yakni di kisaran harga Rp3,6 juta ke bawah).
Di rentang harga tersebut, merek-merek China seperti Oppo, vivo, Xiaomi, dan realme secara agresif menjejali pasar dengan beragam produknya.
Baca juga:
Oppo Find X5 Pro Jadi yang Pertama Cicipi Android 13 Beta 1
Dalam laman resminya, Counterpoint melaporkan, Oppo tetap menjadi merek teratas di pasar pada Q1 2022. Dengan catatan, kesenjangannya dengan pabrikan vivo dan Samsung telah menyempit.
Oppo yang meluncurkan seri Reno terbarunya bersama seri A populernya berhasil mengamankan posisinya di segmen menengah ke bawah. Oppo berkomitmen menyediakan handset 5G dengan harga lebih terjangkau pada tahun 2022.
Lebih lanjut laporan Counterpoint menjelaskan, popularitas seri Y dan V vivo berlanjut pada segmen kelas bawah dan menengah. Peluncuran model Y75 dan V23 5G menunjukkan dorongan vivo untuk menyediakan ponsel 5G dengan harga lebih bersahabat.