Technologue.id, Jakarta - Menutup kuartal pertama 2024, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mencatat kenaikan penjualan sebesar 14% dibanding bulan sebelumnya. Kendaraan penumpang mendominasi penjualan sebesar 60%, sementara komersial mencapai 40%. Dari catatan itu, mobil hybrid Suzuki mendominasi penjualan hingga 51%.
“Sepanjang Maret 2024 lalu kami menerima catatan penjualan yang baik lewat kendaraan komersial maupun passenger hybrid Suzuki. Catatan positif ini turut mencerminkan tingkat kepercayaan pelanggan terhadap kendaraan Suzuki," ujar Randy R. Murdoko, Dept. Head of 4W Sales PT SIS.
Baca Juga:
Perjalanan Suzuki Carry Jadi 'Angkot' Andalan Masyarakat Indonesia
Memegang peran sebagai alternatif kendaraan yang lebih ramah lingkungan, mobil hybrid Suzuki hadir dalam beberapa pilihan, yaitu Grand Vitara, New XL7 Hybrid, dan All New Ertiga Hybrid Cruise. Di antara ketiga model tersebut, New XL7 Hybrid menduduki peringkat penjualan tertinggi.
Secara wilayah, Jabodetabek menjadi daerah yang berkontribusi paling tinggi pada penjualannya, kemudian disusul pula oleh Jawa Timur, lalu Jawa Tengah dan DI Yogyakarta. Seiring dengan perkembangan teknologi yang memadai, pasar Indonesia perlahan mulai beralih pada pemilihan kendaraan ramah lingkungan dan tercermin dari hasil penjualan hybrid Suzuki.
Baca Juga:
Masalah Fuel Pump, Ratusan Suzuki Jimny 3-Door Kena Recall di Indonesia
Suzuki juga mencatat bahwa 91% dari total kendaraan hybrid yang dijual merupakan hasil produksi lokal. Model mobil hybrid yang diproduksi lokal ini juga merupakan model yang sama untuk diekspor ke beberapa negara lain di benua Amerika Selatan, Oceania, hingga Asia.
“Sebagai salah satu kebutuhan untuk melakukan mobilisasi, kami selalu berusaha untuk memperhatikan kepuasan seluruh pelanggan. Selain itu, kami juga menyadari bahwa industri otomotif menjadi salah satu sektor andalan yang berperan dalam perekonomian nasional,” tutup Randy.