Technologue.id, Jakarta - Meta mengumumkan bahwa mereka sedang menguji model pembayaran baru untuk program monetisasi Ads on Reels. Program ini membayar kreator berdasarkan kinerja Reels publik mereka, bukan pendapatan iklan di Reels mereka.
Selain itu, perusahaan juga mengumumkan bahwa mereka akan memperluas program monetisasi Ads on Reels di Facebook ke lebih banyak kreator dan akan mulai menguji program tersebut di Instagram dalam beberapa minggu mendatang.
Baca Juga:
Meta Akan Hadirkan Augmented Reality di Reels Ads dan Facebook Stories
Pembayaran akan ditentukan oleh jumlah permainan, yang berarti semakin baik kinerja Reel kreator, semakin banyak kreator yang dapat menghasilkan. Dalam beberapa waktu ke depan, Meta mungkin akan mempertimbangkan faktor lain saat menentukan pembayaran.
Untuk dapat berpartisipasi dalam program ini, kreator harus tinggal di salah satu dari 52 negara dan memenuhi persyaratan minimum, seperti berusia minimal 18 tahun dan lulus Kebijakan Monetisasi Mitra Facebook dan Kebijakan Monetisasi Konten.
Setelah kreator ditambahkan ke program, mereka harus menyelesaikan proses pengenalan, termasuk menerima persyaratan penggunaan dan memberikan detail pembayaran. Dari sana, mereka hanya perlu membuat Reel yang menarik untuk mulai menghasilkan.
Untuk memeriksa apakah Anda adalah bagian dari program di Facebook, Anda dapat mengunjungi Dasbor Profesional dan menavigasi ke bagian Alat Monetisasi. Jika Anda diundang, Anda akan melihat "Ads on Reels" dan Anda dapat memilih "Set up" untuk memulai aktivasi.
Ketika Meta memutuskan untuk mengakhiri program bonus Reels Play, tampaknya perusahaan menarik diri dari pembuat konten berbayar berdasarkan popularitas video pendek mereka. Namun, model pembayaran berbasis kinerja yang diperbarui untuk program Ads on Reels menunjukkan bahwa Meta masih fokus untuk memberi penghargaan kepada pembuat konten yang membuat konten yang menarik, sekaligus menghasilkan uang iklan.
Baca Juga:
Meta Luncurkan Berbagai Update Untuk Avatar
Mengingat bahwa video pendek adalah salah satu format paling populer di media sosial saat ini, tidak mengherankan jika Meta fokus pada model bagi hasil iklan dalam hal memberi penghargaan kepada pembuat konten. Hal ini sejalan dengan kebijakan Snapchat dan YouTube Shorts yang juga beralih ke model bagi hasil iklan.
Selain itu, Meta juga mengumumkan bahwa mereka berencana untuk mulai menguji model pembayaran berbasis kinerja untuk iklan In-Stream di Facebook dengan sekelompok kecil kreator. Mereka ingin mendukung kreator membuat semua jenis konten dan memberi penghargaan kepada mereka yang berhasil membuat konten yang menarik.
Dengan adanya model pembayaran baru untuk program monetisasi Ads on Reels ini, diharapkan kreator dapat semakin terinspirasi untuk membuat konten yang menarik dan terus meningkatkan kualitas Reels mereka. Hal ini juga dapat menjadi kesempatan bagi kreator untuk dapat menghasilkan uang lebih banyak melalui konten Reels mereka.