Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Meta Lebih Transparan soal Penggunaan AI untuk Pengguna
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Meta menerbitkan materi baru untuk menjelaskan cara kerja mesin rekomendasinya di berbagai produk.

Bersamaan dengan itu, Meta juga meluncurkan opsi baru yang disebut "Mengapa saya melihat ini?" untuk Instagram dan Facebook Reels serta halaman Jelajahi Instagram.

Dengan cara ini, Anda dapat memahami alasan mengapa postingan tersebut ditampilkan kepada Anda.

Baca Juga:
Pelaku Penyebar Video Asusila Mahasiswi Banten Dipenjara 6 Tahun dan Denda Rp1 Miliar

Meta Menjadi Lebih Transparan dengan Sistem AI

Presiden Urusan Global perusahaan, Nick Clegg, menulis dalam posting blog bahwa perusahaan ingin lebih transparan tentang sistem AI-nya dan memberi lebih banyak kontrol kepada pengguna tentang konten yang ditampilkan kepada mereka.

Penanda "Tertarik" dan "Tidak Tertarik" untuk Konten Instagram

Meta mengatakan sedang menguji sistem baru untuk Instagram untuk menandai posting dengan "Tertarik" untuk melihat lebih banyak konten seperti itu. Pengguna sudah dapat mengetuk menu tiga titik pada kiriman dan mengetuk "Tidak Tertarik" untuk melihat lebih sedikit kiriman semacam itu.

Kontrol "Tampilkan Lebih Banyak, Kurangi Tampilkan" Facebook

Perusahaan mencatat bahwa pihaknya juga berupaya membuat kontrol "Tampilkan lebih banyak, Kurangi tampilkan" Facebook "lebih menonjol". Saat ini, Anda dapat mengaksesnya melalui menu tiga titik pada Reel atau postingan yang direkomendasikan. Tidak jelas apakah Meta memindahkan kontrol ini ke tempat lain.

22 "Kartu Sistem" yang Diterbitkan oleh Meta

Perusahaan merilis 22 "Kartu Sistem" hari ini yang menjelaskan cara kerja sistem yang berbeda, seperti rekomendasi Umpan Facebook, garis waktu Grup Facebook, orang dan grup yang disarankan, rekomendasi Instagram Reels, sistem notifikasi, dan Stories AI. Kartu-kartu ini memperluas topik-topik ini melalui contoh-contoh tetapi dapat memakan waktu cukup lama untuk dibaca dan dipahami oleh pengguna biasa.

Kebebasan Memilih Konten yang Direkomendasikan

Clegg menyebutkan bahwa perusahaan tersebut merilis di Pusat Transparansi beberapa info tentang sinyal — seperti menyukai atau membagikan kiriman — yang memengaruhi rekomendasi pengguna. Namun, dia mencatat bahwa perusahaan telah menghilangkan "untuk mengungkapkan sinyal yang mungkin memudahkan orang untuk menghindari pertahanan kami."

Menghadapi Tantangan Kontrol Pengguna

Dengan kapasitas seperti ini, beberapa kontrol pengguna mungkin tidak cukup untuk menghentikan beberapa rekomendasi konten.

Pada tahun 2021, Clegg menulis postingan di Medium yang menyarankan agar tindakan orang dianggap sama bertanggung jawabnya dengan algoritme untuk menampilkan berbagai konten di umpan.

Namun, pengguna tidak selalu mengetahui tentang semua sinyal yang ditangkap oleh platform untuk melatih umpan bertenaga AI mereka.

Akses Terbuka untuk Peneliti

Meta juga mengundang para peneliti untuk mempelajari algoritmenya melalui Perpustakaan Konten dan API baru, yang mencakup postingan publik, halaman, grup, dan acara dari Facebook serta postingan dan data publik dari kreator dan akun bisnis di Instagram.

Meningkatkan Konten Rekomendasi di Instagram

Dalam beberapa tahun terakhir, Meta telah menjadi sasaran pengawasan tentang bagaimana ia menyarankan konten kepada pengguna.

Pada tahun 2021, pengungkap fakta Facebook Frances Haugen mengungkapkan bahwa algoritme perusahaan memiliki "efek samping yang tidak sehat pada bagian penting dari konten publik, seperti politik dan berita", selain itu Instagram berbahaya bagi remaja.

Tahun lalu, itu harus diselesaikan dengan Departemen Kehakiman AS atas algoritme penayangan iklannya yang diduga merampas peluang perumahan pengguna.

Instagram juga telah meningkatkan konten bertenaga AI di umpannya. Pada Q1 2023, panggilan pendapatan, Mark Zuckerberg mengatakan bahwa waktu yang dihabiskan di Instagram melonjak 24%, berkat saran Reel yang dibantu AI.

CEO Meta mengatakan bahwa perusahaan bertujuan untuk meningkatkan keberadaan konten semacam itu dengan mengisi 30% umpan dengan rekomendasi algoritmik.

Rilis dokumen dan kontrol adalah yang terbaru dalam upaya Meta untuk menenangkan regulator dan pendukung privasi sebelum perusahaan mendorong lebih banyak konten bertenaga AI.

Baca Juga:
Mengenal Pasal Pengancaman dan Cara Melaporkannya

Memberikan Kontrol yang Lebih Baik kepada Pengguna

Dengan dimulainya platform terdesentralisasi seperti Bluesky dan Mastodon, ada banyak percakapan tentang memiliki kontrol pada algoritme yang menggerakkan umpan Anda.

Platform yang dioperasikan secara terpusat seperti Instagram dan Facebook harus menarik beberapa inspirasi dari jejaring sosial lain ini dan menawarkan pilihan dan kontrol algoritmik yang lebih baik kepada pengguna.

SHARE:

Google Batal Bikin Pixel Tablet 2, Hindari Persaingan dengan Apple?

Ini Respons Kemenperin soal Proposal Investasi Apple Rp1,58 Triliun