Technologue.id, Jakarta - Sebuah survei yang dilakukan oleh Financial Times menemukan fakta menarik bahwa generasi Z di Amerika Serikat (AS) cenderung lebih memilih produk Apple daripada Android.
Dilaporkan oleh GizChina pada Sabtu (25/2), survei tersebut mencatat bahwa sebanyak 34 persen pengguna iPhone di AS adalah generasi Z, yaitu mereka yang lahir di antara tahun 1997 hingga 2012. Sementara itu, Samsung, sebagai produsen Android paling eksis hanya berada di angka 10 persen.
Menurut laporan tersebut, banyak konsumen muda takut dikucilkan karena tidak memiliki iPhone. Hal ini sangat berkaitan dengan layanan perpesanan iMessage, yang terbukti diskriminatif terhadap pengguna Android dengan menampilkan pesan mereka dalam gelembung hijau, bukan biru.
Baca Juga:
Akhirnya, Apple Akan Pakai USB-C di iPhone
Banyak pengguna iPhone yang diwawancarai menyatakan bahwa iMessage adalah salah satu alasan utama mereka menggunakan iPhone. Yang bisa sangat memalukan bagi sebagian pengguna generasi Z.
Akibatnya, banyak anak muda memilih iPhone daripada perangkat Android untuk menghindari stigma yang terkait dengan "gelembung hijau". Namun, menariknya, laporan tersebut juga menunjukkan bahwa pengguna iPhone lebih cenderung membeli produk Apple lainnya, seperti MacBook, Jam Tangan Apple, dan AirPods.
Hal ini terbukti tidak hanya terjadi di Amerika Serikat. Canalys, perusahaan analisis pasar, menemukan bahwa 83 persen pengguna iPhone di Eropa yang berusia di bawah 25 tahun berencana untuk terus menggunakan smartphone Apple. Sebaliknya, kurang dari separuh pengguna Android berencana untuk terus menggunakan perangkat Android.
Baca Juga:
Google Ungkap Fitur Terbaru Android di MWC 2023
Laporan tersebut menyoroti pengaruh dari sistem operasi Apple terhadap kaum muda, yang dianggap sebagai generasi paling beragam dan inklusif dalam sejarah. Ketakutan akan dikucilkan karena tidak memiliki iPhone membuat banyak anak muda memilih perangkat Apple daripada Android.
Meskipun tidak semua generasi Z di seluruh dunia memilih iPhone, banyak survei menunjukkan bahwa mereka cenderung lebih tertarik dengan produk jebolan Apple dibandingkan dengan Android.
Dalam kesimpulannya, pengguna iPhone cenderung membeli produk lain dari Apple dan generasi Z di seluruh dunia cenderung memilih iPhone daripada Android karena faktor sosial dan diskriminasi iMessage terhadap pengguna Android. Produk Apple telah membuktikan kekuatannya dalam mempengaruhi tren konsumen dan gaya hidup generasi muda.