Technologue.id, Jakarta - Live shopping menjadi fenomena yang melekat dalam kehidupan masyarakat Indonesia saat ini. Jika dilihat pertumbuhan dalam setahun terakhir, live shopping di Indonesia mengalami pertumbuhan signifikan.
ShopTokopedia, platform e-commerce kolaborasi TikTok dengan Tokopedia mencatat bahwa di DKI Jakarta, jumlah pelaku usaha yang melakukan live shopping melonjak hampir dua kali lipat selama semester I 2024 dibandingkan semester I 2023.
ShopTokopedia juga melihat beberapa daerah lainnya, seperti Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah hingga Jawa Timur, mengalami kenaikan jumlah penjual yang melakukan live shopping hingga 1,5 kali lipat.
Baca Juga:
GSMA: Kolaborasi Pemerintah dan Swasta Dorong 5G di Indonesia
Tokopedia dan ShopTokopedia mencatat lebih dari 21 juta penjual tergabung di platform mereka, yang memungkinkan masyarakat mengakses lebih banyak produk dengan kualitas dan harga yang transparan sekaligus berbelanja online dengan cara yang lebih menarik.
"Fitur live shopping di ShopTokopedia, yang tersedia dalam aplikasi TikTok, memberikan strategi pemasaran interaktif yang dapat dimanfaatkan oleh pelaku usaha termasuk brand lokal dari berbagai kategori, mulai dari Kecantikan dan Perawatan Diri, Fashion, Makanan dan Minuman, hingga kategori lainnya, untuk menjangkau audiens yang lebih luas dan berinteraksi langsung dengan calon pembeli," ungkap Communications Senior Lead Tokopedia and ShopTokopedia, Rizky Juanita Azuz.
Rizky lebih lanjut mengungkapkan, "Pelaku usaha yang melakukan live shopping di ShopTokopedia rata-rata mengalami kenaikan penjualan hampir 7 kali lipat jika dibandingkan dengan penjual lainnya yang tidak melakukan live shopping".