Technologue.id, Jakarta - Platform e-commerce Lazada menghadirkan salah satu fitur berbasis AI yaitu LazzieChat. Fitur ini bisa memberikan rekomendasi produk yang tepat dan sesuai keinginan konsumen secara cepat, khususnya saat berbelanja pada festival belanja online.
Kehadiran LazzieChat ini untuk meramaikan festival belanja tengah tahun Lazada 6.6 Super Wow Sale yang dimulai pada tanggal 5 Juni. Melalui LazzieChat, konsumen bisa mengajukan pertanyaan dan meminta rekomendasi, di mana fitur yang didukung ChatGPT OpenAI ini dengan cerdas akan merespons pertanyaan pengguna dan bertindak sebagai asisten belanja pribadi, memberikan saran yang dipersonalisasi dan rekomendasi produk untuk membantu pengguna mengoptimalkan pengalaman berbelanja mereka.
Baca Juga:
Lazada Dukung UMKM Tangkap Peluang Pertumbuhan Ekonomi Digital Indonesia
Untuk mengakses LazzieChat, pengguna hanya perlu menggeser ke bawah halaman beranda aplikasi Lazada. Cukup ketikan pesan untuk LazzieChat, dan kemudian dia akan memberikan beberapa rekomendasi produk yang sesuai. Apabila konsumen belum memiliki kebutuhan khusus, LazzieChat akan memberikan beberapa pilihan topik untuk memulai sebagai inspirasi. Cukup mengeklik bagian pilihan yang diinginkan, dan mulailah 'berdiskusi' dengan LazzieChat.
Berkat pelatihan kemampuan bahasa secara alami, sehingga LazzieChat dapat terus belajar memahami dan menanggapi pertanyaan terkait saran produk atau topik yang relevan layaknya manusia. Pemahaman yang lebih personal ini didukung dengan kekuatan prediktif AI dalam chatbot AI yang mampu membantu mengoptimalkan proses pencarian produk dengan lebih efisien dan akurat, sehingga memudahkan konsumen untuk menemukan dan membeli produk yang dibutuhkan dengan lebih cepat.
Baca Juga:
Kebakaran Landa Gudang Penyimpanan Lazada dan SiCepat di Jakarta Barat
"LazzieChat menjadi teman yang ramah dan intuitif, dirancang untuk memahami kebutuhan dan preferensi konsumen. Fitur ini ideal bagi konsumen yang masih bingung menentukan pilihan dan ingin secara cepat mencari produk yang cocok dan segera berbelanja,” tutur Farid Suharjo, Deputy Chief Customer Experience Lazada Indonesia.
Sedangkan dari sisi brand dan penjual, LazzieChat juga memungkinkan mereka untuk menjangkau konsumen potensial yang tepat. "Kami yakin LazzieChat akan menjadikan pengalaman belanja konsumen Lazada yang lebih dinamis, menyenangkan dan personal," tambah Farid.
Lebih lanjut, Lazada akan terus meningkatkan algoritma LazzieChat agar dapat merespons pertanyaan pengguna dengan tepat dan bertanggung jawab, dengan tetap mematuhi kebijakan trust and safety Lazada.