Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Kolaborasi dengan Tokopedia, TikTok Tampilkan Kampanye Beli Lokal via Icon "Shop" di Sebelah Beranda
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Digitalisasi tidak dapat dihindari, termasuk di sektor bisnis UMKM. Pemanfaatan teknologi atau platform digital terbukti mampu mendongkrak jangkauan pasar yang lebih luas.

Melihat peluang bisnis UMKM yang terus berkembang dan membantu usaha mereka melalui pemanfaatan platform digital, Tokopedia maupun TikTok menjalin kerjasama. Kolaborasi keduanya diharapkan mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.

Baca Juga:
Harbolnas 12.12, TikTok Kolaborasi dengan Tokopedia Kampanyekan Inisiatif "Beli Lokal"

Sekadar informasi, TikTok telah menunjukkan komitmennya untuk mendukung brand maupun produk lokal melalui kolaborasi dengan Tokopedia. TikTok akan menginvestasikan lebih dari USD1,5 miliar sebagai komitmen jangka panjang untuk mendukung operasional Tokopedia, tanpa dilusi lebih lanjut pada kepemilikan GoTo di Tokopedia.

Tokopedia berkolaborasi dengan seluruh mitra strategis untuk mendorong pertumbuhan ekonomi nasional terutama lewat pemanfaatan kanal digital. Salah satu kolaborasi yang dijalankan oleh Tokopedia adalah melalui kerja sama dengan TikTok Indonesia untuk kampanye ‘Beli Lokal’ di saat momen Harbolnas 12.12.

Kampanye ‘Beli Lokal’ akan dapat ditemukan juga di aplikasi TikTok Indonesia untuk dapat memperluas jangkauan para pelaku usaha terutama UMKM.

“Dengan hadirnya kampanye ‘Beli Lokal’ pada aplikasi TikTok, para pelaku usaha, terutama UMKM lokal dapat berinteraksi secara langsung dengan pembeli dengan lebih atraktif,” ujar Direktur Eksekutif E-Commerce, TikTok, Indonesia, Stephanie Susilo.

Pantauan Technologue.id, ketika pengguna membuka aplikasi Tokopedia, ada icon untuk mengakses Beli Lokal 12.12. Di dalamnya, pengguna bisa langsung memilih berbagai produk lokal yang ditawarkan, mulai dari produk kecantikan, perlengkapan rumah tangga, produk rekomendasi hingga cerita brand lokal pilihan.

Selain itu, pengguna juga bisa memilih kategori produk mulai dari perangkat elektronik/gadget hingga fashion. Produk yang ingin dilihat telah ditandai sebagai "Beli Lokal", yang menunjukkan bahwa produk tersebut dimiliki oleh brand dalam negeri.

Baca Juga:
Prediksi dan Tren Penting Industri Monitoring IT di Tahun 2024

Sedangkan bila pengguna mengakses aplikasi TikTok, maka kini pengguna bisa melihat di sebelah icon beranda terdapat pilihan Shop, di mana ketika diklik menunjukkan produk-produk lokal yang bisa dipilih oleh konsumen. Halaman berbalut nuansa hijau ini menunjukkan kerjasama antara Tokopedia dan TikTok dalam mendorong produk lokal, namun sistem penjualan atau pembayaran melalui aplikasi TikTok. Pengguna tidak dialihkan untuk payment dari produk yang tampil di TikTok ke aplikasi Tokopedia.

Sekadar informasi, pada tahun 2022, Harbolnas mencatat transaksi sebesar Rp22,7 triliun atau meningkat sebesar 26% dari transaksi di tahun sebelumnya. Pembelian produk lokal pun tercatat meningkat hampir 18% dari pembelian tahun lalu dengan nilai Rp18 triliun.

SHARE:

IM3 Rebranding Layanan Pascabayar Menjadi IM3 Platinum

Optimalkan Jaringan, Telkomsel Usung Solusi Self-Adaptive Feedback