Technologue.id, Jakarta - TikTok sebagai platform media sosial video pendek terdepan, kembali berkolaborasi dengan Gramedia, yang merupakan jaringan toko buku terbesar di Indonesia untuk mengadakan kampannye bertajuk #SerunyaMembaca.
TikTok juga menggandeng Taman Bacaan Pelangi, yang merupakan sebuah organisasi sosial yang fokus mendirikan perpustakaan anak di daerah terpencil di Indonesia Timur untuk ikut berpartisipasi juga dalam kampanye ini.
Selain menghadirkan berbagai kegiatan menarik untuk mendorong semangat membaca masyarakat. Kampanye ini juga diselenggarakan seiring dengan meningkatnya jumlah konten edukasi yang hadir di TikTok, termasuk konten seputar rekomendasi buku bacaan.
Kevin Chandra selaku Education & Lifestyle Creators Partnership Lead TikTok Indonesia mengatakan, bahwa beberapa tahun belakangan ini tampak peningkatan yang cukup pesat pada kategori konten edukasi, termasuk konten rekomendasi buku.
Baca Juga:
Bocoran Tablet Nokia Anyar
Partisipasi aktif dari pengguna TikTok mengenai konten buku pun juga terlihat melalui tagar #SerunyaMembaca yang telah berhasil mengumpulkan dua miliar views.
Oleh karena itu TikTok kembali menyelenggarakan kampanye #SerunyaMembaca untuk menyediakan wadah bagi komunitas TikTok agar mendapatkan inspirasi buku bacaan yang bermanfaat.
"Selain itu, kami juga ingin memperlihatkan bahwa membaca juga bisa menjadi kegiatan yang seru dan menyenangkan untuk dilakukan, khususnya bersama komunitas TikTok," jelas Kevin Chandra.
Lebih lanjut, Kevin juga menekankan bahwa kampanye #SerunyaMembaca ini sejalan dengan misi TikTok untuk menginspirasi kreativitas dan membawa kebahagiaan.
"Kami sangat senang bisa kembali berkolaborasi dengan Gramedia dan menggandeng Taman Bacaan Pelangi untuk bersama menyebarkan semangat baca sekaligus memperluas akses ke buku bagi masyarakat Indonesia," tutup Kevin.
Kampanye #SerunyaMembaca ini diselenggarakan mulai tanggal 6 Juli hingga 13 Juli 2022. Melalui kampanye ini diharapkan dapat turut berkontribusi dalam meningkatkan semangat dan minat baca dari masyarakat Indonesia melalui sejumlah program, antara lain:
1. Tantangan #SerunyaMembaca
Mengajak para pengguna TikTok untuk berbagi inspirasi seputar buku, termasuk rekomendasi buku dan fakta menarik tentang pustaka, dengan harapan dapat menginspirasi komunitas TikTok.
2. TikTok LIVE
TikTok LIVE ini akan menghadirkan ruang diskusi seru secara virtual melalui fitur TkTok LIVE melalui akun TikTok resmi Gramedia bersama para penulis ternama dan figur publik, antara lain RJLS, Luvita Ho, dan Dinda Mulia dengan pembahasan seputar buku, penulisan, dan membaca.
3. Program Donasi Buku
Pada kampanye #SerunyaMembaca kali ini terdapat program donasi buku di 10 cabang Gramedia dan perpustakaan Taman Bacaan Pelangi untuk mengundang partisipasi masyarakat dalam memperluas akses baca di Indonesia.
Hasil donasi, termasuk 1.000 buku persembahan Gramedia akan didistribusikan melalui Taman Bacaan Pelangi ke Kabupaten Nagekeo, Nusa Tengara Timur, dan wilayah Indonesia Timur lainnya.
Misi untuk menginspirasi masyarakat ini juga dibawa oleh Gramedia melalui literasi buku, seperti yang disampaikan oleh Raja Tubagus Wijaya Kusuma selaku Marketing & Communication Manager Gramedia.
Baca Juga:
Bocoran Apple Watch Series 8
"TikTok sebagai sumber inspirasi lewat konten-konten edukasinya, menjadi salah satu alasan Gramedia untuk kembali bekerja sama untuk kampanye #SerunyaMembaca. Sejalan dengan tujuan kami untuk meningkatkan literasi dan memberikan kemudahan akses tanpa batas pada dunia pengetahuan di seluruh Indonesia dengan memanfaatkan teknologi, TikTok menjadi salah satu platform yang tepat untuk membantu mewujudkan tujuan ini," ungkapnya.
"Adanya semangat untuk membuka akses literasi ini menjadi penggerak utama Taman Bacaan Pelangi dalam partisipasinya di kampanye #SerunyaMembaca ini," lanjut Raja Tubagus.
Peningkatan akses buku yang menjadi cakrawala hidup masyarakat adalah tujuan utama Taman Bacaan Pelangi sebagai organisasi yang fokus pada peningkatan literasi dan minat baca anak-anak yang berada di sekolah dasar, khususnya Indonesia Timur.
"Oleh karena itu, perusahaan sangat mengapresiasi upaya TikTok dan Gramedia lewat kampanye #SerunyaMembaca ini untuk meningkatkan minat baca, juga meningkatkan akses bacaan lebih luas, lewat donasi buku yang dipercayakan kepada untuk disalurkan kepada masyarakat Indonesia lebih luas," jelas Widodo selaku Project Manager, Taman Bacaan Pelangi.