Technologue.id, Jakarta - Instagram telah secara resmi mulai menguji creator marketplace barunya. Sebuah hub yang dirancang untuk membantu merek menemukan dan menjangkau pembuat konten tentang kemitraan dan kampanye. Namun creator marketplace ini yang tersedia berdasarkan undangan saja untuk merek di Amerika Serikat.
Dilansir dari The Verge (15/7), bahwa merek yang diundang untuk mengakses pasar dapat menggunakan pengalaman desktop dalam Meta Business Suite untuk memfilter pembuat konten berdasarkan jenis kelamin, usia, jumlah pengikut, dan minat.
Baca Juga:
Sony Banting Harga Game PlayStation Sampai 85%
Merek juga dapat memfilter pembuat konten berdasarkan demografi pemirsa yang terlibat, seperti jenis kelamin, usia, minat, negara, dan kota.
Selain itu, perusahaan akan dapat melihat pembuat konten yang telah menyatakan minatnya untuk bekerja sama dengan mereka melalui tab “interested creators” (pembuat yang tertarik).
Merek dapat melihat pembuat konten yang telah menandai mereka atau mengikuti mereka melalui tab “tags and follows” (tag dan ikuti). Pembuat konten serupa dengan yang telah mereka temukan melalui filter dan dapat menambahkan pembuat konten ke daftar tersimpan.
Setelah merek menemukan pembuat konten yang ingin mereka ajak bermitra, mereka dapat menggunakan pasar untuk membuat kampanye dan membagikannya kepada pembuat konten.
Merek kemudian dapat memberikan informasi kepada pembuat konten tentang kampanye, seperti kiriman dan kompensasi yang diinginkan. Pesan yang dikirim ke pembuat konten akan muncul di “Partnerships Messages inbox” (kotak masuk Pesan Kemitraan) yang baru dibuat.
Selanjutnya, kreator dapat menanggapi merek dan berkoordinasi dengan mereka secara langsung dalam aplikasi Instagram melalui DM.
Baca Juga:
Surat Edaran Hajatan Anggota DPRD Viral, Netizen: Egois!
Pengumuman resmi tersebut datang beberapa minggu setelah CEO Meta Mark Zuckerberg mengatakan bahwa perusahaan sedang menguji tempat yang ditunjuk di Instagram di mana pembuat konten dapat ditemukan dan dibayar untuk konten.
Sementara itu, pandangan Meta tentang pasarnya untuk pembuat konten mirip dengan TikTok's Creator Marketplace, yang merupakan platform pemasaran influencer internal aplikasi video.
Di mana Creator Marketplace TikTok memungkinkan merek untuk menemukan kepribadian TikTok teratas untuk kampanye pemasaran mereka, yang tampaknya ingin dilakukan Meta dengan pasar kreatornya sendiri.
Jelas bahwa Meta's Creator Marketplace akan menjadi bagian dari upaya berkelanjutannya untuk menggunakan TikTok.