Technologue.id, Jakarta - Dompet digital DANA kembali menghadirkan sejumlah inovasi produk terbarunya, bertepatan dengan Hari Ulang tahun (HUT) ke-4.
Keempat inovasi terbaru tersebut akan segera hadir dalam aplikasi DANA dan bisa dimanfaatkan pengguna untuk berbagai kebutuhan, mulai dari memberikan rekomendasi finansial hingga tarik tunai di gerai Alfamart.
Kehadiran empat inovasi yang disebut sebagai 'Inov4si Untuk Negeri' itu juga menunjukkan komitmen berkelanjutan DANA dalam mengoptimalkan teknologinya untuk memberikan layangan keuangan digital terbaik, serta mendukung akselerasi literasi dan inklusi keuangan digital.
Baca Juga:
Pandemi, DANA Peroleh Rekor Pertumbuhan Pengguna Tertinggi
Chief of Product DANA Indonesia, Rangga Wiseno menjelaskan, selama empat tahun kehadirannya, DANA telah bertumbuh pesat, baik dari segi jumlah pengguna yang kini sudah lebih dari 100 juta penguna dengan rata-rata 8 juta transaksi per hari, hingga 5 ribu online merchant, termasuk lebih dari 500 ribu UMKM yang memanfaatkan DANA Bisnis
"Ini menunjukkan bahwa teknologi dan keamanan DANA semakin dipercaya dan semakin inklusif. Pembaruan yang kami sebut 'Inov4si Untuk Negeri' ini merupakan wujud terima kasih kami atas kepercayaan dari seluruh pengguna dan mitra kepada DANA," kata Rangga dalam keterangan tertulisnya.
Rangga mengatakan, empat inovasi terbaru yang dihadirkan merupakan bentuk komitmen DANA untuk menciptakan teknologi yang inklusif dan memberikan dampak positif, baik bagi pengguna maupun bagi kemajuan perekonomian digital di Indonesia.
"Kami meyakini bahwa teknologi berbasis open platform yang kami miliki mampu membawa perubahan bagi percepatan literasi dan inklusi keuangan digital."
Baca Juga:
Jadi Fitur Favorit, DANA Terus Kembangkan Fitur Kirim Uang
Berikut empat inovasi terbaru yang akan hadir dalam aplikasi DANA:
- DANA Pay
Lewat pembaruan yang dilakukan, aplikasi DANA kini memiliki kemampuan mengombinasikan metode pembayaran (melalui saldo DANA, kartu debit maupun kredit) manakala saldo pengguna tidak mencukupi jumlah pembayaran.
Berkat DANA Pay, DANA memungkinkan transaksi tetap berjalan selagi pengguna melakukan top-up untuk memenuhi saldo yang tidak mencukupi. Selanjutnya, pembayaran akan terselesaikan secara otomatis.
Untuk memudahkan pengguna, pembayaran juga dapat dilakukan dengan menggunakan DANA VIZ (Visual Identity AuthoriZation). Tidak hanya itu, keamanan saat bertransaksi digital juga makin terlindungi dengan hadirnya pilihan otentikasi pembayaran serta Daily Limit Card untuk membatasi jumlah penggunaan yang diinginkan setiap harinya.
- Rapor DANA
Guna menjembatani kesenjangan yang masih terjadi antara literasi (38,03 persen) dan inklusi keuangan (76,19 persen) sebagaimana data Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) ketiga dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada 2019, DANA menghadirkan Rapor DANA.
Fitur baru ini ditujukan sebagai platform pengetahuan bagi pengguna untuk meningkatkan literasi, membangun kebiasaan yang lebih baik dalam pengelolaan keuangan, hingga memberikan rekomendasi bagi pengguna untuk menentukan langkah finansialnya.
Dengan Rapor DANA, pengguna diajak untuk menjawab serangkaian pertanyaan melalui tiga aspek, yaitu profil yang mencakup informasi mengenai status keuangan pengguna, lalu pengetahuan untuk melihat pemahaman keuangan pengguna, hingga aspek perilaku untuk melihat kebiasaan pengelolaan keuangan pengguna.
Lewat serangkaian pertanyaan tersebut, pengguna akan mendapatkan rekomendasi manajemen keuangan yang telah dipersonalisasi sesuai hasil jawaban. Pada Rapor DANA, pengguna juga akan terus mendapatkan edukasi finansial yang dibagikan secara gratis agar mereka mampu menentukan langkah finansialnya dengan lebih bijak.
- Pembayaran STNK via Signal
Inovasi baru lainnya, yakni DANA kini terintegrasi dengan Samsat Digital Nasional (Signal) untuk memudahkan pengguna membayar STNK. Pembayaran ini dapat ditemukan pada kategori Biller.
Caranya pun mudah, pengguna cukup memasukkan nomor tagihan dalam kolom yang disediakan lalu melakukan pembayaran menggunakan saldo DANA maupun kartu debit yang telah disimpan di dompet digital DANA.
Saat ini, layanan pembayaran Samsat Digital Nasional dengan DANA sudah mencakup 15 provinsi di Indonesia di antaranya Jawa Timur, Banten, DKI Jakarta, Sumatera Barat, Jawa Tengah, Jambi, Jawa Barat, NTB, Bali, Bengkulu, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Kepulauan Riau, Riau, dan Sulawesi Barat. Dalam pengembangan berikutnya, DANA menargetkan akan menjangkau seluruh provinsi di Indonesia pada akhir Mei tahun ini.
- Kirim Uang dan Tarik Tunai di Alfamart
Sejalan dengan komitmen DANA untuk menciptakan layanan keuangan digital yang inklusif, kini DANA memungkinkan penggunanya untuk mengirim uang kepada penerima yang tidak memiliki akses ke layanan keuangan digital, baik bank ataupun nonbank.
Kondisi ini kerap ditemui pada para pekerja domestik migran (ART) di Tanah Air. Pasalnya, merujuk pada penelitian Women's World Banking, sebagian besar gaji pekerja domestik migran (ART) dibayar tunai setiap bulan, dengan jumlah berkisar antara Rp1,5 - 2,2 juta per bulan ($140 - $150).
Banyak dari mereka yang belum memiliki rekening bank dan meminta pemberi kerja untuk mengirimkan 50-75 persen dari gaji mereka langsung ke keluarga mereka, kemudian menyimpan sisanya dalam bentuk tunai untuk penggunaan pribadi mereka.
Lewat pembaruan ini, penerima kini dapat mencairkan uang yang dikirim dari aplikasi DANA, hanya dengan membawa KTP dan kode verifikasi ke Alfamart terdekat.
Bagi pengirim, langkah yang dapat dilakukan adalah dengan mengetuk ikon Send dan dilanjutkan dengan memilih ikon Withdraw Cash. Kemudian, pengguna bisa memilih Alfamart, lalu Send Cash untuk memasukkan data penerima. Pengirim akan mendapatkan kode verifikasi yang dapat dibagikan kepada penerima dengan batas waktu tarik tunai selama 12 jam.
Sementara itu, penerima dapat menarik uang yang ditujukan kepadanya dengan mengunjungi Alfamart dan menuju ke kasir dengan menyebutkan 'DANA Penarikan Uang'. Pastikan juga data diri sesuai KTP telah terdaftar pada kasir Alfamart. Terakhir, informasikan kode verifikasi yang dikirimkan oleh pengirim untuk mendapatkan uang tunai senilai uang yang telah dikirim.