Technologue.id, Jakarta - Penjualan kendaraan elektrifikasi (xEV) Toyota termasuk Lexus sepanjang 2023 mengalami kenaikan dari 332.443 unit (2022) menjadi 339.292 unit. Artinya, market share PT Toyota Astra Motor (TAM) turut meningkat dari 31,7% (2022) menjadi 33,7% (2023).
Kijang Innova Zenix HEV (Hybrid Electric Vehicle) berhasil menjadi lokomotif penjualan xEV Toyota dengan total whole sales 27.705 unit di tahun 2023, diikuti Yaris Cross HEV (5.476 unit) dan Corolla Cross HEV (1.217 unit).
Baca Juga:
Penjualan Mobil Komersial Meningkat, Toyota Beri Penyegaran pada Hilux Double Cabin
“All New Kijang Innova Zenix serta Yaris Cross mendapatkan animo positif masyarakat, khususnya model HEV yang langsung memimpin penjualan kendaraan elektrifikasi kami,” kata Henry Tanoto, Vice President Director PT TAM.
Sejalan dengan meningkatnya awareness masyarakat perihal pentingnya eco-friendly vehicle untuk kehidupan yang lebih baik, xEV mulai memperoleh sambutan positif di Indonesia, khususnya selama 3 tahun terakhir.
Data menunjukkan kenaikan signifikan penjualan xEV Toyota dari hanya 1.935 unit (0,7% dari total penjualan Toyota) di tahun 2021, menjadi 4.436 unit (1,3%) di tahun 2022, dan mencetak rekor baru 37.736 unit (11,1%) di tahun 2023. Kontribusi penjualan Hybrid EV Toyota di pasar otomotif Indonesia adalah 2.489 unit (2021), 10.369 unit (2022), dan naik drastis 54.307 unit (2023).
Sepanjang tahun 2023, penjualan xEV Toyota didominasi Hybrid EV dengan tiga besar yaitu Kijang Innova Zenix HEV, Yaris Cross HEV, dan Corolla Cross HEV. Khusus Kijang Innova Zenix HEV dan Yaris Cross HEV, merupakan hasil produksi dalam negeri dengan kandungan lokal hingga 80%.
Baca Juga:
Century Diprediksi Jadi Merek Mobil Mewah Toyota di Atas Lexus
Selain kendaraan Hybrid, xEV jenis Battery Electric Vehicle (BEV) yaitu Toyota bZ4X, penjualannya telah mencapai 479 unit di tahun 2023. Sementara itu, All New RAV4 GR Sport PHEV juga langsung memikat hati pelanggan Indonesia.
“Toyota mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam program netralitas karbon melalui berbagai langkah yang paling sesuai kemampuannya. Toyota juga akan menambah pilihan xEV khususnya Hybrid EV di masa depan,” tutup Anton Jimmi Suwandy, Marketing Director PT TAM.