Technologue.id, Jakarta - Memasuki usia ke-4, platform usaha Mitra Tokopedia menyelenggarakan kampanye #SemangatKu4t. Kampanye ini ditujukan untuk mengapresiasi mitra usaha tradisional, yang selama ini telah menggunakan aplikasi Mitra Tokopedia untuk memulai dan mengembangkan usaha.
"Lewat kampanye ini, Tokopedia mengadakan kompetisi Cerita Kampung Mitra Tokopedia dan telah memilih pemenang yang punya kisah paling inspiratif,” jelas Karina Susilo, Head of New Retail Tokopedia, dalam konferensi pers online, Selasa (1/11/2022).
Baca Juga:
Dua Inovasi Teknologi Tokopedia Bantu Dapat Cuan Tambahan
Karina menerangkan, selain berjualan, pemenang kompetisi Cerita Kampung Mitra Tokopedia–seperti Ibu Marfour dan Ibu Titin–juga membawa dampak bagi lingkungan sekitar. Ada kejutan besar yang disiapkan untuk pemenang.
"Sebagai bentuk penghargaan, kami akan melakukan renovasi warung atau toko para pemenang agar mereka lebih semangat dalam menjalankan usaha,” tambah Karina.
Marfour Syam, pemilik Toko Si Kembar (Bogor, Jawa Barat), menggunakan aplikasi Mitra Tokopedia sejak 2018 untuk mencari pendapatan tambahan karena suaminya terpaksa berhenti bekerja. Berkat Mitra Tokopedia, Marfour tidak perlu mengeluarkan modal untuk mulai berjualan produk digital.
Produk digital yang paling banyak dibeli oleh pelanggannya antara lain pulsa telepon, paket data, voucher games dan token listrik. Jika ada keuntungan lebih, Marfour selalu ikut menyumbang di kegiatan Jumat Berkah yang diadakan di lingkungannya untuk berbagi rezeki kepada sesama.
“Berkat Mitra Tokopedia, saya tidak perlu mengeluarkan modal untuk mulai berjualan produk digital seperti pulsa atau paket data. Saya juga sangat terbantu dalam mengatur pembukuan dan mencatat utang pelanggan dengan adanya fitur Catat Hutang di aplikasi Mitra Tokopedia. Jika ada keuntungan lebih dari berjualan, saya selalu berbagi rezeki kepada sesama,” kata Marfour.
Baca Juga:
Tren dan Inovasi dari Tokopedia Setahun ke Belakang
Di sisi lain, Titin Lestari, pemilik Toko Gibran (Medan, Sumatra Utara), mendirikan warung di 2017 dan bergabung menggunakan Mitra Tokopedia pada 2019. Ia menggunakan fitur Grosir untuk menstok sembako dan fitur Produk Digital di Mitra Tokopedia untuk berjualan produk digital, seperti pulsa, token listrik, paket data dan pembayaran tagihan angsuran kredit.
Sejak bergabung menggunakan Mitra Tokopedia, omzet harian warung Titin bisa mencapai jutaan rupiah, dua kali lipat dibanding sebelum menggunakan Mitra Tokopedia. Karena tokonya lebih ramai pengunjung sejak menggunakan Mitra Tokopedia, Titin kerap membantu warga sekitar yang ingin menitipkan barang dagangan.
“Omzet warung saya bisa mencapai jutaan rupiah per hari, meningkat dua kali lipat semenjak pakai aplikasi Mitra Tokopedia. Warung juga jadi lebih ramai, jadi saya bisa bantu warga–yang tidak punya tempat jualan–untuk menitipkan barang dagangan mereka,” kata Titin.