Technologue.id, Jakarta – Hari pertama Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 2018, yang jatuh pada tanggal 10 Desember, diwarnai kekecewaan pengguna situs e-commerce Lazada. Pasalnya, banyak konsumen yang mengeluh tidak bisa melakukan transaksi (checkout) barang. Para konsumen yang ingin melakukan transaksi pembelian merasa kesulitan karena laman Lazada.co.id sempat down beberapa kali. Menurut pantauan Technologue.id, situs Lazada sempat down beberapa kali dalam rentan waktu yang cukup lama.
Baca Juga:
Lazada Gelar Kampanye 12.12 Selama Tiga Hari, Apa yang Spesial?
Gangguan sistem ini bisa disebabkan oleh beberapa hal. Salah satunya karena lonjakan trafik konsumen yang tidak bisa dikelola oleh server. Masalah teknis ini kerap terjadi di momen-momen belanja seperti Ramadhan dan Harbolnas seperti saat ini. [caption id="attachment_43769" align="alignnone" width="397"] Tampilan pemberitahuan bahwa ada gangguan di sistem Lazada saat pembeli ingin checkout (Choiru Rizkia / Technologue.id)[/caption]Baca Juga:
Lazada Hadirkan LazMall, Mall Online Terbesar Se-Asia Tenggara
Atas kejadian ini banyak para calon pembeli mengungkapkan keluh kesahnya di media sosial Instagram. [caption id="attachment_43767" align="alignnone" width="706"] Keluhan pengguna Lazada (Choiru Rizkia / Technologue.id)[/caption] [caption id="attachment_43768" align="alignnone" width="706"] Keluhan pengguna Lazada (Choiru Rizkia / Technologue.id)[/caption]Baca Juga:
Namun sayangnya, pihak Lazada belum mengungkapkan secara detail, mengapa situsnya tersebut bisa down hingga berulang kali. Hingga berita ini diturunkan, pihak Lazada belum bisa dihubungi.