Technologue.id, Jakarta - Di akhir tahun, tepatnya 12 Desember (12.12) beberapa perusahaan merayakan Hari Belanja Nasional (Harbolnas). Di tahun ini, salah satu perusahaan e-commerce, Tokopedia memperingati Harbolnas 2023 bersamaan dengan pengumuman kerjasama dengan TikTok.
Sekadar informasi, pada tahun 2022, Harbolnas mencatat transaksi sebesar Rp22,7 triliun atau meningkat sebesar 26% dari transaksi di tahun sebelumnya. Pembelian produk lokal pun tercatat meningkat hampir 18% dari pembelian tahun lalu dengan nilai Rp18 triliun.
Baca Juga:
Daftar Smartphone Terbaik 2023 dengan Harga di Bawah Rp2 Juta
“Harbolnas merupakan kesempatan untuk mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk makin bangga dalam menggunakan produksi buatan Indonesia," kata Zulkifli Hasan, Menteri Perdagangan Republik Indonesia, yang hadir di acara kolaborasi Tokopedia dan TikTok untuk mendukung UMKM lokal di Jakarta, Selasa (12/12/2023).
Menurutnya, salah satu cara untuk mewujudkan rasa bangga dengan produk lokal ialah dengan membeli dan menggunakan produk-produk buatan dalam negeri.
“Kami berharap transaksi pada Harbolnas 2023 ini juga akan meningkat seperti tahun-tahun sebelumnya, tentunya dengan pembelian produk lokal yang juga akan terus meningkat. Para pelaku usaha terutama pelaku usaha lokal dapat memanfaatkan momen ini untuk meningkatkan penjualannya dan memperluas pasar,” jelas Zulkifli.
Tokopedia bersama TikTok Dukung Harbolnas 2023 dengan menghadirkan kampanye ‘Beli Lokal’. "Tokopedia berkomitmen untuk terus mempermudah masyarakat memenuhi kebutuhan, termasuk pada saat momen 12.12, lewat deretan inisiatif dan menghadirkan berbagai promo agar masyarakat dapat berbelanja online dengan lebih terjangkau," kata Presiden Tokopedia, Melissa Siska Juminto.
Selain menguntungkan bagi pembeli, momen Harbolnas 12.12 dan kampanye Beli Lokal juga diharapkan bisa mendongkrak penjualan para pelaku usaha di Indonesia, khususnya UMKM lokal.
“Tokopedia sebagai perusahaan teknologi buatan Indonesia bersama mitra strategis selalu berupaya mendorong produk buatan lokal menjadi pilihan utama masyarakat,” tambah Melissa.
Baca Juga:
Harbolnas 12.12, TikTok Kolaborasi dengan Tokopedia Kampanyekan Inisiatif "Beli Lokal"
Tokopedia berkolaborasi dengan pemerintah dalam meluncurkan kampanye Beli Lokal agar pelaku usaha, khususnya UMKM lokal, bisa mendapatkan panggung yang lebih luas termasuk saat momen Harbolnas 12.12.
Di kampanye ini, ada pula deretan promo diskon hingga Rp100.000 agar masyarakat bisa belanja produk lokal dengan lebih hemat.