Technologue.id, Jakarta - TikTok pada hari ini, Selasa (12/12/2023) mengumumkan kerjasama dengan Tokopedia, salah satu platform e-commerce di Indonesia.
Kedua perusahaan mendorong pelaku bisnis atau UMKM agar terus tumbuh melalui inisiatif program "Beli Lokal" bertepatan dengan Hari Belanja Online Nasional (HARBOLNAS) 12.12. Melalui program ini, perusahaan menyediakan deretan promo sehingga belanja online produk lokal bisa lebih hemat.
Baca Juga:
Prediksi dan Tren Penting Industri Monitoring IT di Tahun 2024
Seperti diketahui, TikTok Shop telah dilarang oleh pemerintah lantaran menggabung platform media sosial dengan e-commerce. Platform aplikasi asal China itu kini menggandeng Tokopedia.
Terkait kerjasama dua raksasa perusahaan teknologi ini, tidak banyak yang diketahui terkait model bisnis, sistem pembayaran hingga seperti apa algoritma yang akan diterapkan. Hanya saja, perusahaan menekankan akan mendorong penuh UMKM atau pelaku bisnis di Indonesia.
Executive Director of E-commerce, Indonesia, TikTok, Stephanie Susilo mengatakan bahwa pihaknya akan terus berkoordinasi dengan regulator terkait compliance audit. "Kami akan terus berkoordinasi dengan regulator dan comply, kita akan terus bekerjasama untuk men-support UMKM," katanya.
Lebih lanjut ia menegaskan, kerjasama ini masih dalam tahap uji coba, sembari perusahaan terus berkoordinasi dengan pemerintah melalui Kementerian Perdagangan (Kemendag) untuk mendukung UMKM di Tanah Air.
Menurutnya, dalam mendorong UMKM lokal, pihaknya telah memiliki berbagai program, mulai dari pembinaan talenta, program hulu ke hilir hingga mendukung produk lokal agar dapat bersaing di kancah internasional.
"Ini jalannya panjang, journey-nya panjang dan ini masih tahap uji coba (3-4 bulan). Kami akan bekerja keras erat bersama Kemendag (Kementerian Perdagangan)," terangnya.
"Nanti produknya seperti apa akan terus kita update, nanti kalau sudah ada gambaran yang lebih jelas," tambahnya.
Menteri Perdagangan Republik Indonesia, Zulkifli Hasan yang hadir dalam peresmian kerjasama TikTok dan Tokopedia ini mengungkap bahwa Harbolnas 12.12 diharapkan membawa manfaat besar bagi kemajuan UMKM serta kemajuan ekonomi Indonesia.
Baca Juga:
Sasar Segmen Flagship, iQoo 12 Diklaim Cocok untuk Gamers dan Lifestyle
"Kita tidak kalah dengan manusia (bangsa) dari manapun. Produk (lokal) kita juga enggak kalah," kata Menteri Zulkifli Hasan, yang menyebut bahwa kini sudah saatnya bergandengan tangan untuk maju bersama mendorong produk lokal Indonesia.
Acara pengukuhan Tokopedia dan TikTok dengan kampanye ‘Beli Lokal’ ini menghadirkan beberapa pebisnis yang sukses memanfaatkan platform digital seperti pemilik usaha UniNam, Merri Aisir (Perwakilan UMKM di Tokopedia) dan juga pemilik usaha AyuNabella Jkt, Namira (Perwakilan UMKM di TikTok).