Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Fitur Live Shopping di ShopTokopedia Dorong Kenaikan Omset Seller
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Tokopedia dan ShopTokopedia gencar membantu pelaku usaha lokal memaksimalkan bisnis online, salah satunya lewat pemanfaatan fitur live shopping.

Live shopping terus menjadi fenomena yang kian melekat dengan gaya hidup masyarakat Indonesia. Menurut sebuah riset, sebanyak 87% masyarakat Indonesia mengaku pernah menonton live shopping dan 77% di antaranya melakukan transaksi via fitur tersebut.

"Fitur live shopping di ShopTokopedia, yang tersedia dalam aplikasi TikTok, memberikan strategi pemasaran interaktif yang dapat dimanfaatkan oleh pelaku usaha termasuk brand lokal dari berbagai kategori, untuk menjangkau audiens yang lebih luas dan berinteraksi langsung dengan calon pembeli," ungkap Rizky Juanita Azuz, Communications Senior Lead Tokopedia and ShopTokopedia, di TikTok Creator House, Jakarta, Senin (19/8/2024).

Baca Juga:
Tokopedia dan ShopTokopedia Alami Kenaikan Jumlah Penjual

Hasil survei MetrixLab pada tahun 2024 menyatakan bahwa live shopping penjual di ShopTokopedia membawa dampak signifikan pada calon pembeli. Yaitu pengguna 3,4 kali lipat lebih mungkin browsing TikTok untuk mengeksplor produk baru, pengguna 2,5 kali lipat lebih mungkin mempertimbangkan melakukan pembelian setelah menyaksikan live stream penjual.

Lalu, 2 dari 3 pengguna cenderung melakukan pembelian di hari yang sama setelah melakukan pembelian di ShopTokopedia, dan 64% pembeli akan meninggalkan ulasan setelah melakukan pembelian di ShopTokopedia.

Pengalaman live shopping dapat mempermudah penjual dalam meningkatkan kunjungan bahkan penjualan, sebab masyarakat bisa memperoleh informasi lebih mendalam tentang produk yang dibutuhkan, lengkap dengan berbagai promosi yang menarik. Kemudahan ini juga tercermin dari berbagai dampak positif yang dicatat Tokopedia dan ShopTokopedia selama semester I 2024 dibandingkan semester I 2023.

Baca Juga:
ShopTokopedia Mall Hadir Tingkatkan Kepercayaan Konsumen

"Pelaku usaha yang melakukan live shopping di ShopTokopedia rata-rata mengalami kenaikan penjualan hampir 7 kali lipat jika dibandingkan dengan penjual lainnya yang tidak melakukan live shopping. Beberapa kategori yang paling laris di live shopping di ShopTokopedia selama semester I 2024, antara lain, kategori Skincare atau Perawatan Kulit, Hijab dan Dessert atau Makanan Manis," ungkap Rizky.

ShopTokopedia mencatat bahwa di DKI Jakarta, jumlah pelaku usaha yang melakukan live shopping melonjak hampir 2 kali lipat selama semester I 2024 dibandingkan semester I 2023.

ShopTokopedia juga melihat beberapa daerah lainnya, seperti Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah hingga Jawa Timur, mengalami kenaikan jumlah penjual yang melakukan live shopping hingga 1,5 kali lipat. Salah satu contoh brand lokal yang merasakan manfaat dari adanya Tokopedia dan ShopTokopedia adalah NPURE dan SAFF & Co.

SHARE:

Optimalkan Jaringan, Telkomsel Usung Solusi Self-Adaptive Feedback

Upgrade "Otak" iQOO 13 Janjikan Performa Gacor