Technologue.id, Jakarta - Layanan perbankan digital Krom mengandalkan berbagai fitur dari Amazon Web Services (AWS) untuk menciptakan layanan-layanan baru yang inovatif bagi masyarakat Indonesia yang belum memiliki akses perbankan.
Krom Bank adalah bank pertama di Indonesia yang memanfaatkan AWS Asia Pacific (Jakarta) Region, yang memungkinkan mereka untuk menyimpan data nasabah di Indonesia sesuai dengan peraturan yang berlaku.
Krom Bank membangun basis datanya menggunakan Amazon Aurora, untuk memastikan aplikasi mereka tetap dapat diakses dengan lancar meskipun jumlah pengguna semakin bertambah. Krom Bank telah mencapai berbagai target dan menunjukkan bahwa banyak orang yang menggunakan dan menyukai layanan mereka.
Baca Juga:
Dorong Bisnis, AWS Dukung Partner Tawarkan Solusi Migrasi Cloud
Krom Bank juga menggunakan Amazon Elastic Container Service (Amazon ECS), sebuah layanan untuk mengatur aplikasi, untuk menambahkan fitur-fitur baru di aplikasi mobile mereka seperti kemampuan verifikasi identitas elektronik (e-KYC). Ini memungkinkan pelanggan untuk membuka rekening bank 10-20 kali lebih cepat melalui aplikasi daripada mereka harus datang langsung ke kantor cabang bank.
Bank ini juga menggunakan Amazon Rekognition, sebuah layanan yang dapat menganalisis gambar dan video, untuk mengenali nasabah melalui foto selfie, sehingga proses masuk ke aplikasi menjadi lebih mudah dan aman. Teknologi ini juga memungkinkan nasabah untuk mengirimkan dokumen melalui aplikasi untuk membuka rekening dalam waktu kurang dari 3 menit dari mana saja, asalkan ada sinyal ponsel.
Krom Bank menggunakan Amazon SageMaker, sebuah layanan untuk mengembangkan model kecerdasan buatan (AI), untuk melatih dan menguji model AI mereka sendiri. Model-model ini membantu meningkatkan pengalaman nasabah dengan menganalisis perilaku mereka saat menggunakan aplikasi Krom Bank. Misalnya, analisis ini dapat meningkatkan keamanan dengan mendeteksi transaksi yang tidak biasa, yang mungkin mengindikasikan adanya aktivitas penipuan. AI generatif dapat beradaptasi dengan ancaman yang muncul dan menyediakan mekanisme deteksi penipuan yang kuat.
"AWS memberikan fleksibilitas yang kami butuhkan untuk mengembangkan berbagai layanan perbankan digital kami dengan cepat, sehingga layanan kami menjadi lebih menarik dan mudah digunakan," kata Anton Hermawan, Direktur Utama Krom Bank.
Baca Juga:
Tren Teknologi Generatif AI, AWS Prioritaskan Keamanan Cloud
Krom Bank berencana untuk terus berinovasi dalam meningkatkan pengalaman pelanggan, termasuk melalui chatbot dan asisten virtual, dengan menggali layanan AI generatif AWS, termasuk Amazon Bedrock, cara termudah untuk membangun dan menskalakan aplikasi AI generatif menggunakan model dasar.
Untuk mempercepat transformasi digitalnya, Krom Bank menggunakan platform perbankan cloud SaaS dan AWS Advanced Technology Partner, Mambu. Mambu berperan sebagai sistem utama untuk produk pinjaman Krom Bank. Krom Bank adalah bank digital pertama di Indonesia yang menggunakan Mambu di cloud. Dengan menggunakan Mambu dan AWS, Krom Bank memiliki infrastruktur yang fleksibel, dapat menampung banyak pengguna, dan aman untuk mendukung kebutuhan saat ini dan pertumbuhan di masa depan.
Selain menggunakan layanan AWS cloud, Krom Bank juga memanfaatkan program Pelatihan dan Sertifikasi AWS untuk meningkatkan keterampilan karyawan mereka di bidang teknologi cloud yang sedang banyak dibutuhkan, seperti development, arsitektur, DevOps, dan keamanan. Keterampilan ini memungkinkan para developer di bank untuk menciptakan inovasi baru secara lebih cepat bagi nasabah dan membantu bank berkembang sesuai dengan permintaan nasabah akan layanan digital baru.
"Industri jasa keuangan di Indonesia sedang berubah untuk melayani lebih banyak orang yang sebelumnya sulit mengakses layanan perbankan dengan teknologi cloud, yang merupakan kunci dari transformasi digital," kata Anthony Amni, Country Leader, Indonesia, AWS. "Krom Bank berinovasi dengan cepat untuk mengembangkan layanan perbankan yang intuitif di AWS sehingga mengatur keuangan menjadi lebih mudah dan menarik. Menyederhanakan layanan perbankan sangat penting bagi banyak pengguna aplikasi mobile di Indonesia, dan Krom Bank berhasil melakukannya berkat kecepatan, keamanan, dan ketersediaan cloud."
Dengan memanfaatkan layanan cloud AWS dan kemampuan AI generatif, Krom Bank berada pada posisi yang tepat untuk mendorong inklusi keuangan di Indonesia dan menyediakan layanan perbankan digital yang aman, skalabel, dan inovatif.