Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Fitur Baru Instagram dan Facebook Dorong Kreator Monetisasi Konten
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Meta mengumumkan beberapa pembaruan dan fitur baru di Facebook dan Instagram untuk pengguna di Indonesia.

Kehadiran fitur-fitur itu untuk membantu konten kreator mencari pendapatan melalui platform media sosial tersebut.

"Kami berharap fitur-fitur ini dapat membantu kreator menjangkau audiens yang lebih luas dan meningkatkan potensi monetisasi konten mereka di Facebook dan Instagram," kata Ivana Kirkbride, Direktur Pemasaran Produk untuk Kreator di Meta.

Berikut penjabaran lengkap mengenai fitur baru di Instagram dan Facebook.

Baca Juga:
Peralihan Akun Facebook dan Instagram Akan Semakin Mudah

Pembaruan pada Instagram

Reels Kreator kerap menggunakan aplikasi pihak ketiga dalam membuat atau mengedit Reels yang ingin mereka bagikan di Instagram. Sekarang, proses ini bisa dilakukan secara langsung, dari aplikasi-aplikasi populer seperti Smule dan semacamnya.

Fitur Baru di Facebook Reels

Ada beberapa fitur baru di Facebook Reels untuk membantu kreator meningkatkan engagement dan meningkatkan peluang monetisasi.

  • Facebook Reels Collabs: layaknya fitur Collabs di Instagram, pengguna Reels di Facebook sekarang bisa menandai atau tagging pengguna lain untuk membagikan konten di Feed mereka secara bersamaan. Fitur ini sangat populer di Indonesia karena telah terbukti dapat meningkatkan jumlah Views yang dihasilkan.
  • Facebook Reels Explore merupakan destinasi baru yang menampilkan konten-konten trending, memberikan kreator inspirasi mengenai apa yang sedang populer dan sebuah cara baru untuk menarik audiens baru.
  • Facebook Reactions di Reels memberikan fans sebuah cara baru untuk berinteraksi dengan konten Anda.

Baca Juga:
Facebook Live Shopping Dibunuh, Meta Tawarkan Kompensasi

Branded Content di Facebook Reels

Sebagai bagian dari komitmen Meta untuk membantu kreator menghasilkan uang, Meta resmi memperluas ketersediaan fitur Branded Content dari Instagram ke Facebook.

Layaknya di Instagram, pengguna Facebook Reels bisa menandai atau tagging sebuah merek yang menjadi partner dari kerjasama mereka, atau yang lebih dikenal dengan paid partnership.

Mode Profesional di Profil Facebook

Meta juga mengumumkan produk bernama Mode Profesional, yakni pilihan pengaturan profil baru di Facebook yang didesain khusus untuk kreator.

Melalui mode Profesional, kreator yang memenuhi syarat bisa menghasilkan uang secara langsung dari Facebook melalui fitur seperti Stars dan pendapatan iklan. Mereka juga juga dapat mengakses laporan analitik, materi-materi edukasi, dan masih banyak lagi.

Fitur-fitur ini diluncurkan untuk semua pengguna aplikasi Instagram dan Facebook versi terbaru di Android dan iOS.

SHARE:

Asus Rilis Zenbook S 14 OLED di Indonesia, Intip Spesifikasi dan Harganya

Poco C75 Sasar Gamer Muda dengan Harga Rp1 Jutaan, Ini Spesifikasinya