Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Fasilitas Media Center KTT AIS Forum 2023 Sudah Serba Digital
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Selama pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi Archipelagic and Island States (KTT AIS) Forum 2023, Kementerian Komunikasi dan Informatika menerapkan konsep transformasi digital dalam penyediaan fasilitas di Media Center.

"Media center yang kita bangun sesuai dengan tugas dan fungsi Kominfo dalam transformasi digital. Karena itu, (fasilitas di Media Center KTT AIS Forum) semuanya serba digital," jelas Usman Kansong, Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo.

Baca Juga:
Android 14 Bakal Digunakan di Sejumlah Perangkat Xiaomi

Usman menambahkan, beberapa layanan berbasis digital seperti bahan materi siaran pers hingga akses WiFi sudah menerapkan Kode QR Standar Indonesia (QRIS) atau barcode.

"Kita siapkan juga (fasilitas analog) siapa tahu masih ada yang menginginkan press release dalam bentuk print, ada tempat fotocopy. Jadi kita siapkan semua, baik yang digital, manual ataupun analog," ujarnya.

Menurut Dirjen IKP Kemenkominfo, Media Center KTT AIS Forum 2023 memberikan kemudahan bagi jurnalis lain yang tidak berkesempatan meliput langsung di kawasan BNDCC Bali dengan menghadirkan virtual newsroom.

"Kita siapkan virtual newsroom dalam bentuk grup aplikasi pesan instan, kirimkan materi baik untuk wartawan asing maupun wartawan dalam negeri. Jadi, transformasi digital arahnya ke sana semua," tuturnya.

Baca Juga:
Indosat Garap Fitur Transaksi Instan dalam Aplikasi myIM3

Ke depan, Usman menuturkan akan ada event-event yang bisa memanfaatkan transformasi digital bagi jurnalis saat melakukan tugas peliputan di Indonesia.

"Nanti, (misalnya) event-event selanjutnya mana yang bisa kita upgrade, bisa kita tingkatkan supaya transformasi digital itu betul-betul terimplementasi dalam media center dan komunikasi publik kita," tutupnya.

SHARE:

IM3 Rebranding Layanan Pascabayar Menjadi IM3 Platinum

Optimalkan Jaringan, Telkomsel Usung Solusi Self-Adaptive Feedback