Technologue.id, Jakarta - Kabar yang cukup menarik datang dari Instagram dan NFT. Di mana NFT akan segera dapat menampilkan token mereka di Instagram. Hal tersebut juga telah dikonfirmasi langsung oleh CEO Meta, Mark Zuckerberg.
Dilansir dari The Verge (10/5), Mark Zuckerberg mengkonfirmasi dalam sebuah postingan bahwa perusahaan sedang menguji NFT pada platformnya, dengan “fungsi serupa” yang akan segera hadir juga di Facebook.
Zuckerberg juga mengatakan Meta akan mengerjakan NFT augmented reality, atau NFT 3D, yang dapat Anda bawa ke Instagram Stories menggunakan Spark AR, yang merupakan platform perangkat lunak AR perusahaan.
Peluncuran resmi dilakukan beberapa minggu setelah Zuckerberg mengatakan dalam percakapan di SXSW bahwa Meta akan segera memperkenalkan NFT ke Instagram
Baca Juga:
Lenovo Yoga 9i Meluncur Bawa Intel Gen 12
Selain itu, Adam Mosseri selaku Kepala Instagram juga mengatakan dalam sebuah video. Bahwa sekelompok kecil konten creator yang merupakan pengguna Instagram di Amerika Serikat (AS) melakukan uji coba yang memiliki kemampuan untuk menampilkan NFT pada umpan, cerita, dan pesan mereka.
Detail NFT akan ditampilkan dengan cara yang mirip dengan profil dan produk yang ditandai dan diberi nama “koleksi digital”. Dengan memilih tag akan menampilkan detail seperti nama pembuat dan pemiliknya.
Mosseri mengatakan tes kecil ini untuk memulai agar Instagram dapat belajar dari komunitasnya. Mosseri juga memunculkan ketegangan antara perusahaan besar seperti Instagram dan etos Web3 yang terdesentralisasi.
Hal tersebut merupakan upaya Mosseri untuk mengatasi ketidakpercayaan terhadap platform jejaring sosial utama yang melompat ke NFT.
Selain itu, Mosseri juga menekankan bahwa dukungan untuk NFT di Instagram ini dapat membantu memperkenalkan teknologi tersebut ke lebih banyak orang.
Meski begitu, Instagram bukanlah yang menjadi platform pertama yang melakukan itu. Pada bulan Januari lalu, Twitter telah lebih dulu memperkenalkan NFT pada platform mereka sebagai gambar profil berbentuk segi enam. Sedangkan ikon di sudut postingan Instagram dari NFT juga muncul dengan bentuk segi enam.
Instagram dan Twitter bukan satu-satunya raksasa digital yang ingin merangkul NFT, karena CEO YouTube Susan Wojcicki menyarankan bahwa platform tersebut dapat merangkul teknologi web3, termasuk NFT, sebagai sarana untuk membantu pembuat konten YouTube menghasilkan uang.
Baca Juga:
Bocoran Spesifikasi dan Harga iPhone 14 Pro
Mosseri juga mencatat bahwa ekonomi kreator sangat penting bagi Instagram, tetapi salah satu tantangan yang dilihat perusahaan adalah bagaimana meskipun saat ini ada banyak cara yang beragam bagi kreator untuk menghasilkan uang.
Namun banyak di antaranya tidak dapat diprediksi dan berubah dengan cepat. Sehingga peluncuran baru ini akan menciptakan peluang menarik bagi sekelompok pembuat konten.
Menurut juru bicara Meta, Christine Pai, NFT yang dicetak di blockchain adalah Ethereum dan Polygon yang pada awalnya akan didukung dengan Solana dan Flow yang akan segera hadir.
Meskipun perusahaan dan selebriti dapat dengan cepat menggunakan NFT dan beberapa penjualan baru-baru ini telah menghasilkan lonjakan aktivitas sementara, namun sebuah laporan oleh The Wall Street Journal pekan lali mengatakan penjualan telah datar sejak puncak September lalu.