Technologue.id, Jakarta - Gempa bumi yang melanda wilayah Cianjur, Jawa Barat, pada 21 November 2022, tidak mengganggu akses komunikasi masyarakat. Operator seluler melaporkan bahwa pelangggan tetap bisa menggunakan layanan seperti biasa.
Vice President Corporate Communications Telkomsel, Saki Hamsat Bramono, menuturkan bahwa kondisi jaringan Telkomsel pasca bencana di wilayah tersebut tetap normal.
Ada sejumlah titik di wilayah terdampak bencana, terutama Cianjur, mengalami pemadaman listrik. Hal ini berdampak pada penurunan kualitas jaringan Telkomsel di sejumlah lokasi tersebut. Sedangkan untuk di wilayah DKI Jakarta, kondisi jaringan tetap berjalan normal.
"Saat ini secara berkala kondisi jaringan sudah berangsur pulih. Kami terus berkoordinasi dengan berbagai pihak dan berupaya melakukan percepatan pemulihan jaringan akibat pemadaman listrik dengan memberdayakan mobile backup genset untuk mendukung operasional BTS yang terdampak agar pelanggan dapat menikmati kembali layanan Telkomsel dengan normal," ungkap Saki, Senin (21/11/2022).
Baca Juga:
Gempa Bumi "Goyang" Cianjur, Warganet Ramai Laporkan Kondisi
Senada, Agus Rohmat, VP Network Operations Smartfren juga mengatakan jaringan Smartfren tidak terdampak gempa bumi Cianjur.
Agus mengakui, sempat ada pemadaman listrik di area Cianjur, namun tidak berimbas pada jaringan. Pantauan Smartfren tidak terjadi masalah layanan bagi pelanggan.
"Saat ini network Smartfren dalam kondisi yang aman, dan pelanggan tetap bisa berkomunikasi. Ada 1-2 site kami yang mati akibat terputusnya pasokan listrik, namun tidak mengalami kerusakan. Kondisi ini memerlukan penanganan yang cepat, dan Smartfren selalu memonitor serta langsung merespon segala kondisi yang terjadi di lapangan," ujar Agus.
Baca Juga:
Gempa Guncang Bali, Netizen Teriak
Sementara itu, terkait terjadinya gempa bumi yang berpusat di Cianjur, Jawa Barat, pihak XL Axiata telah memastikan bahwa jaringan mereka di area Cianjur dan kota/kabupaten sekitarnya masih tetap terjaga dan beroperasi. Meski demikian, sejumlah BTS sempat terdampak pemadaman listrik PLN.
Saat ini tim teknis XL Axiata di lapangan berupaya memulihkan kondisi BTS-BTS dengan menyalakan genset, serta memastikan kondisi fisik semua infrastruktur jaringan di area terdampak.
Selain itu, dari pusat monitoring jaringan, XL Axiata telah melakukan rekayasa jaringan agar layanan di area-area tersebut tetap bisa melayani pelanggan secara maksimal.
Redaksi Technologue.id juga tengah meminta penjelasan dari pihak Indosat Ooredoo Hutchison, namun belum ada tanggapan lebih lanjut.