Technologue.id, Jakarta - Live shopping terus menjadi fenomena yang kian melekat dengan gaya hidup masyarakat Indonesia. Menurut sebuah riset, sebanyak 87% masyarakat Indonesia mengaku pernah menonton live shopping dan 77% di antaranya melakukan transaksi via fitur tersebut. Brand lokal yang merasakan manfaat dari adanya live shopping di Tokopedia dan ShopTokopedia adalah NPURE dan SAFF & Co.
NPURE didirikan pada tahun 2017 oleh Willy Handoko setelah melihat banyaknya produk skincare dari luar negeri namun sulit untuk didapatkan. Tantangan ini justru membuka kesempatan bagi NPURE untuk berinovasi dengan mengeluarkan rangkaian produk yang menggunakan bahan baku alami yang berasal dari petani lokal.
Misalnya, NPURE Centella Asiatica Series menggunakan daun pegagan, NPURE Marigold Series menggunakan bunga gemitir dan NPURE Noni Probiotics Series menggunakan kandungan mengkudu.
Baca Juga:
Fitur Live Shopping di ShopTokopedia Dorong Kenaikan Omset Seller
Menurut Chief Marketing Officer NPURE, Joanne Victoria, pemanfaatan platform online seperti Tokopedia dan ShopTokopedia, yang bisa diakses di aplikasi TikTok, sangat penting agar eksistensi NPURE bisa selalu terjaga. "NPURE rutin mengikuti berbagai kampanye yang ditawarkan Tokopedia dan ShopTokopedia, salah satunya Promo Guncang dan Beli Lokal. Selain itu, fitur live shopping di ShopTokopedia juga sangat membantu mendongkrak penjualan NPURE hingga 4 kali lipat," ungkap Joanne.
NPURE juga membagi beberapa tips bagi UMKM lokal yang ingin memulai memanfaatkan fitur live shopping di ShopTokopedia, “Jangan takut untuk #MulaiAjaDulu. Siapkan peralatan sederhana yang menunjang kegiatan live shopping, misalnya tripod atau ring light. Perhatikan juga display produk dan upayakan mengatur display semenarik mungkin, dengan memperhatikan sudut kamera dan pencahayaan,” tutur Joanne.
SAFF & Co., contoh pelaku usaha parfum lokal di Tokopedia dan ShopTokopedia, juga melihat keberadaan fitur live shopping di ShopTokopedia sangat berkontribusi pada penjualan SAFF & Co. Ketika industri lokal parfum masih berkembang di tahun 2020, SAFF & Co. mengambil peluang tersebut dan menciptakan produk parfum berkualitas dengan harga terjangkau.
“Dalam menghasilkan produk SAFF & Co., kami bekerja sama dengan berbagai perkebunan lokal untuk bahan-bahan produk, seperti akar wangi dari Garut dan patchouli dari Sulawesi,” jelas Co-Founder SAFF & Co., Santi Tan.
Baca Juga:
Tokopedia dan ShopTokopedia Alami Kenaikan Jumlah Penjual
“Sejak awal berdiri, SAFF & Co. sudah bergabung dengan Tokopedia karena audiens yang disasar cocok dengan SAFF & Co. Berkat Tokopedia dan ShopTokopedia dalam aplikasi TikTok, SAFF & Co. mendapatkan banyak manfaat, mulai dari peningkatan exposure dan penjualan hingga memperluas pasar hingga ke luar Pulau Jawa,” kata Santi.
SAFF & Co. juga rutin mengikuti kampanye yang dihadirkan Tokopedia dan ShopTokopedia, termasuk Promo Guncang dan Beli Lokal, yang terbukti meningkatkan penjualan dibandingkan hari-hari biasa. “Dengan memanfaatkan fitur live shopping di ShopTokopedia, sales SAFF & Co. bisa melonjak hingga 3 kali lipat,” tambah Santi.
Santi pun mengungkapkan tips bagi UMKM pemula yang sedang mempertimbangkan live shopping. “Mengingat live shopping semakin digandrungi masyarakat, maka UMKM lokal perlu membuat konsep live shopping yang unik dan menarik sehingga mudah diingat. Misalnya, UMKM makanan bisa adakan live shopping sambil masak di kuali, atau UMKM yang berjualan sambal bisa adakan gimmick live shopping sambil mengulek cabai,” tutur Santi.